Senin, 18 Mar 2019
radarbromo
icon featured
Radar Bromo Events

Lagi, Dispendik Kabupaten Probolinggo Gelar Lagi Tryout Kejujuran CBT

02 Maret 2018, 11: 10: 59 WIB | editor : Muhammad Fahmi

RAKOR: Suasana rapat koordinasi gelaran tryout kejujuran di kantor Dispendik, Kamis (1/3).

RAKOR: Suasana rapat koordinasi gelaran tryout kejujuran di kantor Dispendik, Kamis (1/3). (Jamaluddin/ Radar Bromo)

KRAKSAAN-Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo akan menggelar lagi Tryout Kejujuran dengan sistem computer based test (CBT) atau ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk jenjang SMP. Seperti tahun lalu, agar event itu sukses, dispendik menggandeng Jawa Pos Radar Bromo sebagai event organizier-nya

Kamis (01/03), untuk menyukseskan  tryout itu, panitia menggelar rapat koordinasi (rakor) di Dispendik setempat. Priyo Siswoyo, kabid pembinaan SMP mengatakan, peserta tryout tahun kedua ini, jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya. 

Pada 2017, pesertanya hanya 400 siswa dari SMP se-Kabupaten Probolinggo. Sementara tahun ini, jumlah peserta tryout sebanyak 1.000 siswa.

“Tryout ini akan kami gelar pada 15 Maret 2018.  Karena jumlahnya lebih banyak, dalam pelaksanaanya, seribu peserta ini rencananya akan disebar di 13 SMP yang memiliki fasilitas komputer lebih banyak,” katanya saat mendampingi kepala Dispendik, Dewi Korina.

Menurutnya, Tryout Kejujuran dengan sistem CBT itu bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi siswa yang akan mengikuti ujian nasional (UN) SMP tahun pelajaran 2017-2018. Khususnya ujian nasional berbasis komputer (UNBK). 

Sehingga, dengan adanya tryout tersebut, siswa bisa beradaptasi atau terbiasa mengerjakan soal dengan sistem CBT.

“Selain itu, tryout ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu dari pelaksanaan UNBK. Untuk tahun ini, SMP yang akan melaksanakan UNBK sekitar 50-60 persen. Bagi sekolah yang belum melaksanakan UNBK, tryout ini bisa menjadi pengalaman bagi siswanya,” katanya.

Didik Purwanto, ketua panitia Tryout Kejujuran sistem CBT menambahkan, dalam pelaksanaan tryout, para peserta akan diberikan ujian soal CBT dari 6 mapel. Yakni, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Ditambah mapel PPKN dan mapel IPS. 

“Tryout ini sifatnya kompetisi, nanti akan diambil 10 besar dan kategori juara per mapel,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam rakor itu, hadir juga perwakilan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP negeri dan swasta. Juga hadir 6 ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Kabupaten Probolinggo. 

Yakni, MGMP IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan MGMP Bahasa Inggris. Serta, MGMP PPKN dan MGMP IPS serta Koordinator Pengawas SMP Ganif Rojikin. 

(br/uno/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia