Jumat, 19 Oct 2018
radarbromo
icon-featured
Pandaan

Gudang Pabrik Tekstil Terbakar, Ini Kata Manajemen PT Liman Jaya

Selasa, 27 Feb 2018 02:35 | editor : Fandi Armanto

kebakaran, pabrik, penyimpanan kain, textile, tekstile, garmen, asap tebal

JADI TONTONAN: Tiga perempuan menyaksikan asap pekat yang membumbung dari gudang penyimpanan kain milik PT Liman Jaya. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

GEMPOL - Terbakarnya gudang penyimpanan kain milik PT Liman Jaya, cukup mengejutkan karyawan dan manajemen. Akibat kebakaran yang terjadi di pabrik tekstil yang ada di Dusun Kedamaian, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Senin pagi (26/2) proses produksi sementara dihentikan. Kobaran api sendiri baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00.

“Api yang muncul langsung besar, disertai dengan kepulan asap hebat dari dalam gudang kain setengah jadi. Mengetahui ada kebakaran, karyawan langsung bergegas keluar dan proses produksi pun dihentikan,” terang Eko Widi, general manager (GM) PT Liman Jaya.

Karyawan yang mengetahui api berkobar-kobar, berusaha menyelamatkan sejumlah barang. Tak lama berselang, lima unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung melakukan upaya pemadaman. Di antaranya dua unit dari Pemkab Sidoarjo, sementara lainnya milik Pemkab Pasuruan, Pemkot Pasuruan, serta PT Gudang Garam.

Soal kerugian akibat peristiwa tersebut, Eko Widi belum memastikan. “Yang pasti kerugiannya banyak. Karena belum sempat terselamatkan secara keseluruhan. Saat ini masih kami hitung,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Kompol I Nengah Darsana mengatakan, penyebab persis kebakaran pabrik tekstil ini belum diketahui. Pihaknya mengaku masih dalam proses penyelidikan. Sejumlah saksi, kini tengah diperiksa di unit reskrim polsek setempat. “Dugaan sementara penyebab kebakaran terjadi karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik,” katanya.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kepulan asap hitam pekat membumbung tinggi dari pabrik tersebut. Kebakaran itu juga mendapat perhatian warga yang melintas di dekat lokasi kebakaran.

Informasi yang diterima, api diduga bermula dari gudang belakang sisi sebelah barat. Diketahui, gudang tersebut merupakan tempat penyimpanan bahan kain setengah jadi.

Dengan cepat, jilatan si jago merah kemudian menyambar-nyambar gudang obat kain dan palet. Tak hanya itu, gudang packing serta spare part, yang lokasinya berada di gedung yang sama dengan gudang kain setengah jadi, juga terbakar.

(br/zal/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia