Selasa, 21 Aug 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Anak Sudah Empat, Suami Enggan Pakai Kondom

Rabu, 27 Dec 2017 13:05 | editor : Fandi Armanto

tole, minthul, ono ono ae

ILUSTRASI (Achmad Syaifudin/Jawa Pos Radar Bromo)

KARENA sudah memiliki banyak anak, Minthul (nama samaran), 32, warga Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan enggan menambah anak lagi. Karenanya, selain rutin menggunakan KB suntik, Minthul berharap Tole juga “membentengi” diri dengan menggunakan kondom saat berhubungan suami istri. Tapi sayangnya, Tole tidak mau.

Keengganan Tole menggunakan pengaman, membuat sang istri males-malesan ketika diajak “bertempur”. Alasannya, Minthul khawatir kembali hamil. Minthul berdalih, dia bukannya tak tahu kewajiban sebagai seorang istri. “Tapi kalau sampai punya anak empat, jelas tetap saya yang repot. Wong Tole saja gak mau bantu ngurusin anak,” ujar Minthul.

Minthul mengaku sudah menggunakan berbagai macam KB, tapi entah kenapa selalu saja gagal. Sampai akhirnya dia kebobolan sampai anak keempat. Diduga, tak rutinnya dia meminum pil KB menjadi penyebab kebobolan.

Dengan anak yang banyak, Minthul yang bekerja sebagai buruh pabrik seperti suaminya, selalu kerepotan. Sementara, ia tidak mau berhenti dari pekerjaannya. Karena ia khawatir penghasilan suaminya tak cukup. Sementara, sang ibu juga tak sanggup merawat semua anak Tole dan Minthul.

Minthul sudah mengeluhkan hal ini pada Tole. Tapi sang suami tak memberikan solusi apa-apa. Saat anak ketiga lahir, Minthul waktu dan tenaganya banyak terkuras untuk anak. Suaminya pun hanya sibuk kerja, dan saat pulang memilih istirahat dengan alasan sudah capek.

Saat itu, Minthul sudah komitmen enggan menambah lagi anak. Karena itu, ia mengkonsumsi pil KB. Tapi yang namanya rezeki tidak bisa ditolak. Setahun lalu, Minthul lagi-lagi kebobolan dan hamil anak keempat.

“Ya kaget juga saya. Bahkan sampai dimarahi orang tua dan mertua, kok masih nambah-nambah terus. Apalagi gaji Tole kan juga ngepas untuk kebutuhan kami,” ungkapnya.

Setelah lahiran anak keempat, Minthul mengaku benar-benar menjaga lagi terkait masa suburnya. Selain memilih suntik KB, Minthul masih merasa ada ketakutan jika berhubungan dengan suaminya. Sehingga Minthulpun berharap Tole mau memakai kondom saja saat berhubungan agar dirinya tidak hamil lagi.

“Awalnya dicoba, dia bilang gak enak. Trus gak mau pakai lagi. Tapi saya yang ogah karena takut hamil lagi,” jelasnya. Akibatnya Minthul sendiri mengaku makin enggan melayani suaminya. Terutama saat masa-masa subur.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia