Sabtu, 17 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Pembangunan Tol Gempol-Pasuruan Sisakan 2 Bulan

Sabtu, 23 Dec 2017 10:05 | editor : Fandi Armanto

jalan tol, proyek tol, tol gempol-pasuruan

DIKEBUT: Alat berat yang dikerahkan untuk pengerjaan tol Gempol-Pasuruan. Tol ini ditarget Maret sudah bisa dilintasi kendaraan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

PANDAAN - Pelaksana proyek jalan tol Gempol-Pasuruan (Gempas) seksi II, hanya punya waktu dua bulan ke depan untuk menyelesaikan infrastruktur tersebut. Saat ini, proses pembangunan jalan bebas hambatan yang menghubungkan Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan hingga Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan itu, terealisasi 63 persen.

Tol Gempas Seksi II yang digarap PT. Hutama Karya dan PT. Ghorib Nanda Guna itu, wajib menyelesaikan proyek sepanjang 6,6 kilometer tepat waktu. “Februari tahun depan harus sudah tuntas. Karena, sebulan berikutnya atau Maret harus beroperasi,” jelas Humas PT. Transmarga Jatim Pasuruan, Rudi Purwanto.

Rudi –sapaan akrabnya – menyebutkan, seharusnya proyek pembangunan itu bisa rampung lebih cepat. Hanya saja, proyek itu terkendala lahan yang belum dibebaskan. Saat ini, masih tersisa lima persen lahan yang masih proses konsinyasi.

“Harusnya bisa selesai lebih cepat. Namun, karena terganjal ada lahan yang belum bebas, maka pengerjaannya molor,” tukasnya. Meski begitu, Rudi optimistis, sisa 27 persen pengerjaan proyek itu, selesai sesuai waktu yang ditentukan. Jika proyek ini selesai, maka tol seksi I dan II akan tersambung. Yakni dari Gempol, Kabupaten Pasuruan ke Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Selanjutnya, proyek itu akan disambungkan dengan tol Gempas seksi III, yang saat ini sudah mengawali. Yakni, Gadingrejo, Kota Pasuruan hingga Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

(br/zal/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia