Minggu, 23 Sep 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Gedung Hemodiolisa dan OK Central RS Purut Siap Dibangun

Kamis, 10 Aug 2017 04:45 | editor : Fandi Armanto

SEMAKIN DILENGKAPI: Suasana di RSUD dr R Soedarsono tampak dari depan.

SEMAKIN DILENGKAPI: Suasana di RSUD dr R Soedarsono tampak dari depan. (Dok. Jawa Pos Radar Bromo)

PURWOREJO - Rencana RSUD dr R Soedarsono (RS Purut) untuk menambah fasilitas kesehatan dengan membangun Gedung Hemodialisa dan Gedung OK Central terus dimatangkan. Rumah sakit pelat merah ini menyebut proyek fisik menunggu tahap lelang.

Sebelumnya, manajemen sudah menerima detail engineering desain (DED) untuk 2 gedung tersebut. DED ini rampung dilaksanakan oleh konsultan dari Surabaya Mei lalu. Saat ini, RSUD tinggal menunggu tahap lelang untuk pelaksanaan fisik.

“Pembangunan gedung Hemodialisa dan OK Central akan dilaksanakan tahun ini. Saat ini, kami masih menunggu tahap lelang rampung,” kata Hendra Romadhon, Direktur RSUD dr Soedarsono, 

Hendra menyebut pembangunan dua gedung fasilitas kesehatan itu bukannya tanpa alasan. Sebab, selama ini, pasien gagal ginjal yang hendak melakukan cuci darah harus pergi ke RSUD Saiful Anwar Malang atau RSUD dr Soetomo Surabaya.

Pembangunan gedung Hemodialisa dan OK Central memakai dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT). Adapun besarannya Rp 822 juta untuk gedung Hemodialisa, serta gedung OK Central senilai Rp 5,4 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) Kemenkes.

Sejatinya gedung OK central di RSUD sudah tersedia. Namun gedung ini masih belum memenuhi standar karena belum tersentralisir. Kegiatan operasi dilakukan di ruangan masing-masing. Nantinya, semua kegiatan operasi akan dipusatkan di ruangan ini, baik untuk operasi mata, bedah maupun obgyn. 

“Nantinya, pembangunan kedua gedung ini di gedung akademi keperawatan (Akper) lama atau dekat laboratorium radiologi. Ini menurut aturan dari Kemenkes,”jelas Hendra.

(br/riz/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia