Minggu, 23 Sep 2018
radarbromo
icon featured
Kraksaan

Percepat Proses Seleksi Calon Sekda

Senin, 07 Aug 2017 09:25 | editor : Radfan Faisal

Percepat Proses Seleksi Calon Sekda

KRAKSAAN - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Probolinggo, berusaha mempercepat proses seleksinya. Pansel menargetkan surat keputusan (SK) pengangkatan sekda definitif itu sudah terbit sebelum 12 Agustus 2017.

Sebelumnya, pansel menetapkan tujuh dari sembilan pelamar calon sekda lulus seleksi administrasi. Dua pelamar yang tidak lulus itu ada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Probolinggo Slamet Riyadi dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono.

Sedangkan yang dinyatakan lulus ada Inspektur Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono; Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto; dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

Serta, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono; Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Probolinggo Agus Mukson; Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto; dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Probolinggo Anang Budi Yoelijanto.

Ketua Pansel Budi Siswanto mengatakan, setelah dilakukan seleksi administrasi, ada dua pendaftar yang persyaratan kurang lengkap. Sehingga, pihaknya menetapkan dua pendaftar itu tidak lolos administrasi dan gagal melanjutkan ke tahap berikutnya. “Hanya tujuh pendaftar yang lolos administrasi dan melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya,” katanya, Minggu (6/8).

Budi mengatakan, pihaknya berusaha mempercepat proses seleksi calon sekda Pemkab Probolinggo. Sebab, sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Undang-Undang (UU), Bupati boleh mengangkat atau memmutasi pejabat enam bulan sebelum masa penetapan calon pemilihan kepala daerah (pilkada).

Sedangkan, di Kabupaten Probolinggo akan digelar pilkada tahun depan. Karenanya, tahapan seleksi calon sekda ini diupayakan rampung sebelum 12 Agustus 2017. Karenanya, semalam para calon yang lolos seleksi administrasi itu langsung diminta membuat makalah. Senin (7/8), mereka dijadwalkan langsung mengikuti tes wawancara atau assessment.

“Sesuai pengumuman jadwal sebelumnya, di bawah ada catatan tahapan dan jadwal bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, sebelum tanggal 12 Agustus diupayakan sudah bisa diterbitkan SK pengangkatan sekda definitif,” ujarnya.

(br/mas/rf/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia