Minggu, 23 Sep 2018
radarbromo
icon-featured
Radar Bromo Events

Mlaku Bareng, Gunakan Bahu Jalan

Jumat, 21 Jul 2017 02:25 | editor : Muhammad Fahmi

RAKOR: Panitia Mlaku Bareng menggelar rapat koordinasi di Mapolres Probolinggo, Kamis (20/7).

RAKOR: Panitia Mlaku Bareng menggelar rapat koordinasi di Mapolres Probolinggo, Kamis (20/7). (Ferry Hidayat/Jawa Pos Radar Bromo)

KRAKSAAN - Berbagai persiapan telah dilakukan panitia Mlaku Bareng gelaran Pemkab Probolinggo. Kamis (20/7), panitia menggelar rapat koordinasi dengan Polres Probolinggo. Mereka membahas jalur yang akan dilalui ribuan peserta. Hasilnya, polres meminta peserta hanya menggunakan bahu jalan sisi kiri dari titik start.

Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Tri Nuartiko mengatakan, event ini harus menggunakan bahu jalan. Sebab, bila menggunakan badan jalan akan menimbulkan kemacetan panjang. Menurutnya, potensi kemacetan itu bisa sampai Kecamatan Tongas, bahkan bisa sampai Kabupaten Pasuruan.

“Adanya event ini saya mendukung penuh. Tapi, keselamatan peserta juga penting diperhatikan. Jadi, para peserta harus menggunakan bahu jalan. Sekali lagi, bahu jalan ya,” ujarnya. Nuartiko mengatakan, pengalihan arus lalu lintas tidak mungkin bisa dilakukan karena tidak ada jalur alterantif.

Sedangkan, Wakapolres Probolinggo Kompol Hendy Kurniawan mengaku, telah menyiapkan sekitar 300 personel untuk mengamankan event ini. Karena event ini menggunakan jalan nasional yang menghubungkan 3 provinsi, jangan sampai mengganggu arus lalu lintas.

Event ini bisa berlanjut jika para peserta menggunakan bahu jalan dan bukan badan jalan. “Supaya para pengguna jalan sepanjang Kecamatan Dringu sampai Kecamatan Gending tetap bisa menggunakan kedua badan jalan,” ujarnya.

Ketua Panitia Mlaku Bareng Muchlis mengatakan, persiapan kegiatan ini sudah mencapai 90 persen. Pihaknya juga mengimbau peserta untuk menggunakan bahu jalan saat event berlangsung. “Event ini juga untuk mempromosikan Wisata Pantai Bentar, selain Gunung Bromo,” ujarnya.

Mlaku Bareng ini akan digelar Minggu (23/7), pukul 05.00 WIB. Acara mengambil start di lapangan Kedungdalem, Kecamatan Dringu. Selanjutnya, warga yang mengikuti acara itu akan jalan sehat bersama Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan anggota DPR RI, Hasan Aminuddin menuju Pantai Bentar di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo juga meminta peserta mematuhi peraturan yang telah ditetapkan panitia. “Dimohon untuk peserta mematuhi peraturan panitia,” ujarnya. (fer)

(br/fer/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia