Jumat, 20 Jul 2018
radarbromo
icon featured
Desa Maslahat
Desa Sumberagung, Kecamatan Grati

Bangun Plengsengan untuk Atasi Banjir

Jumat, 13 Jul 2018 08:35 | editor : Fandi Armanto

M Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo

KURANGI BANJIR: (Plengsengan yang dibangun di Dusun Semambung.)

Selama beberapa tahun terakhir, Desa Sumberagung, Kecamatan Grati menjadi salah satu kawasan yang terdampak banjir. Luberan air banjir ketika musim hujan bahkan tak hanya menggenangi permukaan jalan. Melainkan juga masuk ke pemukiman warga. 

DUSUN Sumberagung dan Dusun Kenayan, tentu paling berdampak ketika banjir tiba. Akibatnya, aktifitas warga setempat menjadi terganggu. Banjir tiba ketika air hujan yang turun ke anak sungai di desa setempat, meluber.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Pemdes Sumberagung kemudian membangun beberapa plengsengan.  “Tahun 2017 lalu, kami membangun plengsengan dan penahan air di Dusun Kenayan dan Dusun Semambung. Karena selama ini dua dusun itulah yang kerap terimbas banjir,” kata Kepala Desa Sumberagung, Sudiyanto.

Dengan demikian, ia memastikan warganya tak lagi resah akan bencana banjir yang kerap melanda. Menurutnya, pembangunan plengsengan tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi banjir. Sebab, aliran air selama musim hujan akan tetap lancar.

Ia menyebut, tahun ini pihaknya akan kembali membangun sebuah plengsengan dibeberapa titik lain. Selain itu, pihaknya juga merencanakan pembangunan gedung PAUD di Dusun Kenayan. 

“Karena selama ini masih menggunakan gedung sekolah. Pembangunan gedung PAUD itu nanti akan dilengkapi dengan taman bermain,” jelasnya. 

FORMASI LNGKAP:
Desa

Kepala Desa Sudiyanto (memakai baju batik) bersama jajaran perangkat Desa Sumberagung dan Babinsa. (M Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

Desa Sumberagung sejatinya sangat strategis. Sebab, kantor desanya berada di jalur pantura. Sebagian besar jalan penghubung antar dusun, sudah dalam kondisi bagus. 

Aktivitas di kantor Desa Sumberagung, sangat ramai setiap harinya. Ini lantaran, di kompleks balai desa juga berdiri kantor koperasi wanita bernama Sumber Makmur. Selain itu, balai desa juga memiliki gedung pemberdayaan wanita.

ANDALAN:
tERNAK

Contoh peternakan sapi milik masyarakat Sumberagung. Umumnya hewan ternak milik warga adalah sapi perah. (M Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

Jadi Pemasok Susu Segar ke Perusahaan

SELAIN ketersediaan lahan pertanian yang melimpah, Desa Sumberagung juga menjadi salah satu pemasok susu segar. Meski jumlahnya tak banyak, peternakan sapi perah di desa tersebut cukup besar. Sejumlah warga yang berternak sapi perah, menjadi pemasok ke perusahaan susu.

Kepala Desa Sumberagung, Sudiyanto menyebutkan, peternakan sapi perah di desanya sudah ada sejak lama. Hingga saat ini, peternakan tersebut cukup besar. Bahkan, pengusaha ternak sapi perah itu dapat mempekerjakan beberapa karyawan.

“Dengan demikian, tingkat pengangguran juga dapat sedikit ditekan. Banyaknya usaha kecil maupun peternakan itu juga berperan dalam membuka lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Suhartono, salah satu pemilik peternakan sapi perah mengatakan, dirinya memulai usaha tersebut sejak tahun 1982. Semula, ia memang hanya seorang buruh yang memelihara sapi perah milik orang. Namun, penghasilannya kemudian disisihkan untuk membeli beberapa ekor sapi perah sendiri.

Sejak itulah, ia mulai membesarkan peternakan sapi perah milik sendiri. Hingga saat ini, dirinya dapat mempekerjakan 25 karyawan untuk mengurus 19 ekor sapi. Seluruh sapi ternak itu, setiap hari tentu memproduksi susu segar.

“Hasil perahan susu per harinya bisa sampai 160 liter dalam sehari. Kemudian saya setorkan ke perusahaan susu di Kejayan dan Purwosari,” ujar Suhartono.

Disamping itu, Kepala Desa Sumberagung Sudiyanto juga telah berupaya untuk membangkitkan usaha kecil didesanya. Menurutnya, beberapa warga saat ini sudah ada yang membuka usaha pembuatan kue. Hal itu, kata Sudiyanto, merupakan hasil dari pelatihan yang digelar Pemdes Sumberagung tahun lalu.

“Kami datangkan mentornya dari BLK Rejoso. Pesertanya kebanyakan ibu rumah tangga. Mereka dibekali dengan cara pembuatan kue. Harapannya agar mereka bisa membuat kue sendiri dan dapat menambah penghasilan keluarga,” pungkasnya.

Tentang Desa Sumberagung Kecamatan Grati

Jumlah Penduduk : 3.542 Jiwa

Luas Wilayah : 139,091 Hektare

Jumlah Dusun : 4 Yakni : Patang Puluh, Kenayan, Pangkrengan, Watu Lancing, Semambung

Jumlah RT/RW : 27/5

Potensi Desa

Pertanian : Padi, Jagung

Peternakan : Sapi Potong, Sapi Perah, Kambing, Ayam

UMKM : Mebeler, Aneka Kue, Susu Segar

(br/fun/tom/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia