Jumat, 20 Jul 2018
radarbromo
icon featured
Desa Maslahat
Desa Sumberdawesari, Kecamatan Grati

Tingkatkan Akses Jalan Lingkungan

Kamis, 12 Jul 2018 06:00 | editor : Fandi Armanto

pavingisasi, desa sumberdawesari, kecamatan grati, kabupaten pasuruan

PANJANG: Pavingisasi di Jalan Dusun Brandong sepanjang 200 meter. Semenjak dipaving, kegiatan warga jadi semakin lancar. (Muhamad Busthomi/Radar Bromo)

PENINGKATAN akses transportasi di Desa Sumberdawesari, Kecamatan Grati, terus digenjot. Pemdes setempat saat ini tengah melakukan sejumlah upaya pembangunan jalan lingkungan. Baiknya kondisi jalan lingkungan, diyakini dapat memperlancar kegiatan warga secara luas. Baik soal perekonomian maupun kegiatan lainnya.

-------------------

Kepala Desa Sumberdawesari Budiono Subari menyampaikan, memasuki pertengahan tahun ini, sudah ada beberapa infrastruktur desa yang telah tampak. “Di antaranya yakni pemasangan tutup selokan sepanjang 900 meter di Dusun Krajan, pembangunan drainase dan bak kontrol, serta normalisasi saluran air di Dusun Dawe Wetan,” katanya.

Selain itu, sarana infrastruktur desa yang kini juga telah dirasakan manfaatnya oleh warga yakni pavingisasi jalan di Dusun Brandong. Subari menjelaskan, pembangunan jalan paving sepanjang 200 meter itu memang cukup diperlukan saat ini. Sebab, kondisi jalan lingkungan itu sebelumnya berupa jalan makadam.

“Karena itu, kegiatan warga pun sedikit terganggu. Kami juga memperhatikan nasib anak-anak kami yang hendak menuntut ilmu. Sebab, jalan itu juga akses menuju TPQ dan Madin. Jika jalannya dibiarkan rusak, masyarakat juga tidak nyaman,” ucapnya.

perangkat, desa sumberdawesari, kecamatan grati, kabupaten pasuruan

PELAYAN MASYARAKAT: Kepala Desa Budiono Subari (paling kiri) bersama jajaran perangkat Desa Sumberdawesari. (Muhamad Busthomi/Radar Bromo)

Subari menegaskan, seluruh pembangunan infrastruktur desa yang dikerjakannya saat ini, merupakan usulan sebagian besar warganya. Lantaran itu, selama setahun ke depan pihaknya juga akan berupaya untuk memenuhi pembangunan jalan paving di titik lain.

“Sudah kami rencanakan, dalam tahap berikutnya akan dibangun jalan paving di tiga titik yang berada di Dusun Jatisari dan Dusun Dawe Kulon. Selain itu, juga ada pembangunan jembatan pasar dan pembangunan drainase,” pungkasnya.

kolam renang, desa sumberdawesari, kecamatan grati, kabupaten pasuruan

POTENSI WISATA: Kolam renang di dekat Ranu Grati. Selain menjadi wisata baru, desa berencana membangun pusat oleh-oleh untuk meningkatkan perekonomian. (Muhamad Busthomi/Radar Bromo)

Rencana Bangun Pusat Oleh-oleh

Desa Sumberdawesari berada di sisi timur dari lokasi Danau Ranu Grati. Jaraknya yang berdekatan juga memberikan pengaruh besar bagi desa tersebut. Salah satunya dalam hal sektor pariwisata. Saat ini, di Desa Sumberdawesari terdapat sebuah kolam pemandian. Lokasinya pun tak jauh dari gerbang masuk Danau Ranu.

Kepala Desa Sumberdawesari Budiono Subari menyampaikan, objek wisata pemandian itu telah dibangun sejak 2005 silam. Hingga saat ini, terdapat 20 karyawan yang bekerja di lokasi tersebut. Hampir setiap harinya, lokasi pemandian itu selalu ramai dengan pengunjung.

“Terlebih saat hari-hari libur atau momen hari raya, pengunjungnya membeludak. Kami juga rutin mengundang siswa dari sekolah-sekolah se-Desa Sumberdawesari untuk berkunjung ke sini. Jadi, dari seluruh sekolah, digilir setiap bulannya saya gratiskan,” urainya.

Saat ini, Pemdes setempat berupaya untuk menyusun kebijakan yang dapat mengoneksikan dua objek wisata tersebut. “Rencananya, kami ingin membangun sebuah tempat khusus. Dimana ada beberapa kios, warga desa yang memiliki produk UMKM dapat berjualan di sana,” ucap Kepala Desa Sumberdawesari Budiono Subari.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih memastikan ketersediaan lahan yang akan dijadikan lokasi pusat oleh-oleh khas Sumberdawesari itu. Subari menyebut, lokasi tepi jalan di Dusun Brandong memang ada beberapa bidang lahan milik desa.

“Di lokasi itu memang rencananya akan dibangun pusat oleh-oleh. Jadi, sepanjang jalan di Dusun Brandong akan tampak kios-kios yang menjajakan beraneka produknya,” tutupnya.


Tentang Desa Sumberdawesari
Jumlah penduduk: 9.463 jiwa
Luas wilayah: 609,110 ha
Dusun: Krajan, Sumber, Brandong, Dawe Kulon, Dawe Wetan, Jatisari, Genu’an
Jumlah RT/RW: 46/12

Potensi Desa
Pertanian: Tebu, padi, jagung, palawija
Peternakan: Sapi potong, kambing, ayam
UMKM: Lempuk krispi, peyek
Potensi Wisata: Danau Ranu, Wisata Pemandian

(br/tom/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia