Jumat, 20 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Nih Dia, 194 TPS Rawan di Kota Probolinggo, 18 TPS Masuk Sangat Rawan

Senin, 25 Jun 2018 10:30 | editor : Muhammad Fahmi

tps, pilkada, bilik suara

Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)

MAYANGAN - Pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) rawan dilakukan jelang coblosan di Kota Probolinggo. Hasilnya, didapati ada 194 TPS rawan di kota mangga.

Pemetaan itu disesuaikan dengan 15 indikator yang telah ditetapkan. Seperti pemilih wilayah khusus, adanya aktor politik uang, ada riwayat praktik pemberian uang, dan terdapat relawan bayaran paslon.

Dari data Panwaslih Kota Probolinggo, di Kecamatan Wonoasih terdapat 39 TPS rawan, Kanigaran 47 TPS rawan, Kademangan 10 TPS rawan, Kedopok 21 TPS rawan, serta Mayangan 77 TPS rawan.

“Proses pemetaan TPS rawan dimulai sejak 10 Juni sampai 22 Juni 2018. Pemetaan dilakukan oleh pengawas TPS,” ujar Azam Fikri, divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslih.

Dari 194 TPS rawan, didominasi kerawanan karena adanya pemilih disabilitas sebanyak 97 TPS, adanya relawan bayaran paslon di 20 TPS, serta TPS yang dekat dengan posko pemenangan paslon ada 11 TPS.

Adanya pemetaan TPS rawan ini, juga agar pengawas TPS memiliki gambaran terkait kerawanan di TPS masing-masing. Sehingga, PTPS pun lebih cermat dalam mengawasi pelaksanaan pemungutan suara.

“Misalnya di TPS 1 ada kerawanan karena ada pemilih tidak memenuhi syarat tapi masuk DPT. Jika pengawas tahu hal ini, maka mereka bisa lebih cermat dalam mengawasi pemilihnya,” ujarnya.

Terkait dengan status zona merah, Alfian menyebut, ada 18 TPS yang dikategorikan sangat rawan. Ke-18 TPS yang tidak disebutkan daerahnya itu akan dijaga 2 polisi dan 4 linmas.

Sementara TPS yang berkatagori rawan dan aman, tidak dijaga polisi, tetapi tetap diawasi. Selain standby di PPS, ada juga kelurahan, ada petugas yang mobile atau keliling.

Tentang sampai kapan Brimob ada di Mapolresta, Kapolresta menyebut sampai pelaksanaan Pilwali dan Pililihan Bupati aman. Paling tidak, tambah Alfian, kotak suara sudah ada di KPU.

(br/rpd/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia