Sabtu, 21 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Panwaslih Wajib Pantau 24 Jam, Utamakan Awasi Money Politics

Senin, 25 Jun 2018 15:00 | editor : Fandi Armanto

apel, kesiapan, pilkada, panwaslih

SERENTAK: Apel kesiapan pengawasan Masa tenang dan Pilkada Minggu (24/6) di Kompleks Perkantoran Raci, Bangil. (Istimewa)

BANGIL - Selama masa tenang Pilkada 24-26 Juni, Panwaslih makin getol melakukan pengawasan di lapangan. Bawaslu pusat dalam apel persiapan masa tenang dan Pilkada pun mengimbau semua pengawas standby 24 jam.

Apel persiapan dilakukan di kompleks perkantoran Pemkab Pasuruan di Raci, Bangil, Minggu (24/6). Hadir anggota Bawaslu RI Muhammad Afifudin, Bawaslu Jawa Timur Aang Kunaifi dan Totok Hariyono. Apel juga dihadiri semua personel Panwaslih Kabupaten Pasuruan, Panwascam, Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), dan Pengawas TPS (PTPS).

Dalam apel, Muhammad Afifudin mengatakan, masa tenang termasuk masa yang rawan, terutama terkait money politics. Karena itu, Bawaslu memerintahkan semua anggota Panwaslih untuk meningkatkan pemantauan di lapangan. Mulai Panwaslih sendiri, Panwascam, PPL, dan PTPS.

“Semua anggota sampai tingkat PTPS harus rutin patroli dan keliling. Ini, untuk mencegah agar tidak terjadi pelanggaran, termasuk yang rawan yaitu money politics saat masa tenang,” jelasnya.

Selain itu, karena sudah dekat dengan tanggal pencoblosan 27 Juni, Panwaslih diharapkan menjaga kesehatan. “Jangan sampai saat hari H justru jatuh sakit,” tuturnya.

M. Nasrup, Komisioner Panwaslih Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran (HPP) Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari tingkat Panwaslih sampai PTPS sudah kompak dalam pengawasan. Baik masa tenang, sampai pencoblosan dan pascapemilihan akan rutin memantau jalannya pilkada.

“Saat ini selain pengawasan masa tenang, juga memantau distribusi kotak suara dan surat suara. Agar distribusi logistik ini bisa tertib dan tidak ada kendala,” jelasnya.

Selain mengawasi masa tenang selama 24 jam, juga ada piket untuk mengawasi logistik pilkada selama 24 jam juga. Menurutnya, logistik baru didistribusikan ke masing-masing TPS pada H-1.

“Untuk kotak suara dan surat suara, saat ini semua sudah sampai ke kecamatan termasuk di daerah dataran tinggi juga sudah sampai,” tuturnya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia