Sabtu, 21 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Matangkan Pemahaman PPK Supaya Tahu Aturan Rekapitulasi

Senin, 25 Jun 2018 13:30 | editor : Fandi Armanto

bimtek, ptps, bawaslu, panwaslu, panwaslih, pilgub jatim

BIMTEK: Suasana bimtek pemungutan dan rekapitulasi suara pilkada yang digelar KPU Kota Pasuruan, Jumat malam (22/6). (Muhamad Busthomi/Radar Bromo)

PASURUAN - Proses rekapitulasi pemilihan jadi perhatian serius KPU Kota Pasuruan. Jelang coblosan, KPU pun kian mematangkan pemahaman terkait teknis pemungutan dan rekapitulasi suara untuk penyelenggara pilkada sampai tingkat bawah.

KPU setempat ingin memastikan pelaksanaan secara teknis dapat berjalan sesuai dengan tata cara yang ada. "Makanya, kami gelar beberapa kali bimtek (bimbingan teknis) sebelum pencoblosan. Baik terkait pemungutan surat suara maupun tata cara rekapitulasi suara," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Pasuruan Basori Alwi.

Ditambahkannya, pihaknya memastikan bahwa seluruh Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) yang ada, telah siap melaksanakan pencoblosan. Oleh sebab itu, pihaknya kini juga mematangkan tahapan setelah pencoblosan.

Yakni, rekapitulasi suara. Jumat (22/6) malam, KPU menggelar bimbingan teknis yang diikuti seluruh PPK se-Kota Pasuruan. "Kami ingin pastikan bahwa mereka benar-benar paham dan bisa menerapkan sesuai tata caranya," ucap Basori.

Selain itu, Basori membeberkan bahwa aspek keamanan juga tak kalah penting yang harus diperhatikan. Menurut dia, hal itu cukup penting agar surat suara tetap dalam kondisi terjamin aman. Disamping itu, juga tata cara administratif lain mesti diperhatikan.

"Misalnya, saat penerimaan hasil rekapitulasi di tingkat PPS, PPK harus memastikan bahwa kotak suaranya tersegel. Kemudian disertai dengan berita acara," ujarnya.

Lebih lanjut, Basori menerangkan, rekapitulasi suara itu juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Rekapitulasi suara kemudian dimasukkan dalam soft file form model DA1-KWK dan DAA-KWK yang ada di situs KPU pusat.

"Sedangkan aplikasinya menggunakan Situng. Hal ini dapat mempercepat proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan," jelasnya.

(br/tom/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia