Senin, 23 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Tak ke PPK, di Kota Probolinggo Logistik Langsung Dikirim ke PPS

Senin, 25 Jun 2018 05:15 | editor : Fandi Armanto

kotak suara, logistik, pilkada, pemilu, kpu

DISIAPKAN: Logistik untuk pilwali Probolinggo yang siap dikirim ke PPS. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

PROBOLINGGO - Di Kota Probolinggo, KPU setempat terus menyiapkan logistik jelang coblosan. Jumat (22/6), KPU setempat telah melakukan setting logistik untuk TPS di Aula KPU Kota Probolinggo.

Proses setting ini dilakukan dengan menghitung kebutuhan surat suara per TPS sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selain itu, juga disiapkan alokasi dokumen pilkada serta kebutuhan logistik seperti bantalan untuk pencoblosan serta alat coblos dan tinta.

“Sekarang (Jumat), untuk persiapan logistik sudah mencapai 85 persen. Akan jadi 100 persen jika kotak suara sampai di masing-masing TPS,” ujar Ahmad Hudri, ketua KPU Kota Probolinggo.

Rencananya, paling lambat H-2 sebelum dilakukannya pencoblosan logistik sudah dibagikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Logistik tidak disalurkan ke PPK karena jarak kantor KPU dengan PPK relatif dekat. Sehingga, langsung disalurkan ke PPS atau kelurahan,” terang Hudri.

Dari data yang ada di KPU, kelurahan yang paling banyak TPS-nya adalah Kelurahan Mangunharjo. Dengan rincian total 36 TPS. Sedangkan paling sedikit adalah Kelurahan Kedunggaleng dengan 5 TPS.

“Setiap TPS mendapat surat suara berbeda-beda. Tergantung pada jumlah DPT serta surat suara cadangan 2,5 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Albar, komisioner KPU dari Divisi Keuangan dan Logistik mengungkapkan, bahwa setiap TPS akan mendapatkan 2 kotak suara dan 2 bilik suara. “Dua kotak suara ini, satu untuk pilwali dan satu lagi untuk pilgub,” ujarnya.

Begitu juga dengan kelengkapan logistik seperti set bantalan untuk mencoblos dan paku juga menyesuaikan dengan bilik dan kotak suara. “Karena ada 379 TPS, maka kebutuhan kotak suara dan bilik suara masing-masing mencapai 758 kotak suara dan bilik suara,” ujarnya.

Untuk memudahkan pengiriman bilik suara dan kotak suara, masing-masing kotak suara diatur berdasarkan kecamatan. “Pemasangan stiker identitas kotak suara akan dilakukan bersamaan dengan penempatan logistik,” jelasnya.

(br/put/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia