Sabtu, 21 Jul 2018
radarbromo
icon featured
Pandaan

Libur Panjang Lebaran, Ini Okupansi Hotel dan Penginapan di Pasuruan

Sabtu, 23 Jun 2018 04:35 | editor : Fandi Armanto

hotel

DATARAN TINGGI: Salah satu hotel yang ada di Kabupaten Pasuruan. (M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

PRIGEN–Libur lebaran tahun ini juga masih jadi berkah para pengelola hotel di Kabupaten Pasuruan. Terjadi lonjakan okupansi di sejumlah hotel selama libur Lebaran. 

Hanya saja, lonjakan pengunjung hotel itu tak jauh berbeda bila dibanding Lebaran tahun lalu. Okupansi hotel selama libur Lebaran tahun ini dan tahun lalu tercatat stagnan. 

Hal itu terungkap dari data yang diterima Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pasuruan. Ketua PHRI setempat, Djoko Widodo menyebutkan, tingkat hunian tamu hotel Lebaran tahun sekarang stagnan atau tak jauh berbeda dengan Lebaran 2017 lalu.

“Patgulipat dengan tahun lalu untuk tahun ini. Okupansinya hingga H+6 Lebaran, sekitar seribu orang. Atau ada kenaikan sekitar 20-30 persen dibandingkan dengan hari normal yang hanya di kisaran 500-700 orang,” ungkap Djoko.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari 23 hotel yang tergabung dalam PHRI cabang Pasuruan, okupansinya tak sama. Ada sejumlah hotel yang justru mengalami penurunan okupansi. 

Tapi, baik penurunan maupun kenaikannya, ia tegaskan persentasenya relatif kecil. Selisihnya tak terlalu besar. “Jika dirata-rata dari seluruh anggota kami, kesimpulannya stagnan dengan Lebaran tahun lalu. Karena Lebaran tahun lalu kisarannya juga sama dengan tahun ini,” jelasnya.

Tamu hotel yang memanfaatkan libur Lebaran di wilayah Pasuruan sendiri disebutkan didominasi dari luar daerah. Paling banyak dari Surabaya dan sejumlah daerah lain di Jawa Timur. 

“Lama long stay-nya rata-rata minimal sehari. Maksimal, hingga tiga hari. Lebih dari itu tidak ada,” jelas Djoko

(br/fun/zal/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia