Jumat, 20 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Istri Kerja Luar Kota, Suami Malah Enak-enakan dengan Wanita Lain

Selasa, 19 Jun 2018 02:45 | editor : Fandi Armanto

ono-ono ae, tole, minthul

Ilustrasi (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

SIAPA yang tidak sakit hati, niat membantu perekonomian keluarga dengan menjadi asisten rumah tangga (ART) di luar kota, ternyata suami bermain serong saat ditinggal. Itulah yang dirasakan Minthul (juga nama samaran), 47, warga Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Saat dirinya bekerja di luar kota, Tole (nama samaran), 45, suaminya malah berasyik masyuk dengan perempuan lain. “Padahal, niat saya cari uang buat keluarga. Eh, Tole gak tahu diri, malah asyik selingkuh selama saya cari duit,” terangnya.

Minthul sendiri heran dengan perubahan sikap sang suami. Pasalnya, selama 15 tahun menikah, rumah tangganya baik-baik saja. Hanya saja, perekonomian keluarga memang morat-marit semenjak Tole dipecat. Tentu saja, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sangat susah. Apalagi mereka memiliki 4 orang anak.

Satu-satunya jalan saat kepepet yakni utang pada tetangga. Itu pun hanya cukup untuk makan sehari-hari. Hal ini membuat pasangan suami istri (pasutri) ini stres. Tole akhirnya harus kerja ngojek.

“Lihat kondisi ekonomi sulit, saya akhirnya cari kerjaan ke tetangga-tetangga. Yang penting gimana bisa dapat uang. Akhirnya ya kerja cuci seterika biar ada tambahan uang,” jelasnya.

Gali lubang tutup lubang, itulah gambaran perekonomian Tole dan Minthul. Sejak saat itu, rumah tangga mereka jadi tidak nyaman. Hampir setiap hari Tole dan Minthul selalu bertengkar masalah uang. Karena tak betah hidup serba kekurangan, akhirnya Minthul menerima tawaran bekerja sebagai ART di Surabaya.

Minthul mengaku berat karena harus jauh dari keluarga. Namun, ia tak punya pilihan. Tole sendiri sejak awal mendukung karena hasil ngojek tak banyak membantu mereka lepas dari beratnya desakan ekonomi. Selama di luar kota, Minthul hanya pulang 3-4 bulan sekali. Itu pun juga tak lama, hanya 2 hari.

“Sekadar kangen sama anak, juga ngasih uang. Dan, setelah saya kerja memang ekonomi jadi agak lebih baik karena gak sampai utang sana-sini lagi,” jelasnya. Namun, di tengah kerja kerasnya, Minthul mendengar laporan dari tetangganya kalau Tole sudah punya gandengan lagi. Ini, lantaran ada perempuan yang sering dibonceng Tole, bahkan berkali-kali diajak ke rumah.

Hal ini jelas membuat Minthul ketar-ketir. “Saya ya gelo, ditinggal kerja kok suami malah keenakan selingkuh,” jelasnya. Tak tenang, Minthul memilih langsung pulang untuk segera menyelesaikan masalah.

Saat Tole pulang, Minthul langsung saja memeriksa hape suaminya. Saat itulah, ditemukan foto-foto mesra sang suami dengan perempuan lain. Tidak hanya foto, juga ada pesan SMS mesra antara Tole dengan temannya. Hal itu tentu saja menguatkan informasi dari tetangga soal tabiat Tole.

Tentu saja Tole tak bisa menghindar lagi. Saat ditanya, Tole hanya beralasan karena Minthul tak ada di rumah sehingga butuh belain perempuan lain. Hal ini jelas membuat Minthul ngamuk dan kecewa. Minthul dengan mantap menggugat cerai saja suaminya ke Pengadilan Agama Bangil.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia