Sabtu, 21 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Antisipasi Semua Kerawanan Jelang Digulirkannya Pilkada Serentak 2018

Kamis, 07 Jun 2018 11:00 | editor : Muhammad Fahmi

simulasi, pengamanan, pilkada, pilbup pasuruan, pilgub jatim, pilkada serentak

ANTISIPASI: Agenda simulasi di Bangil dalam kegiatan tiga pilar plus. (Iwan Andrik/Radar Bromo)

BANGIL - Antisipasi gangguan dan ancaman dalam pelaksanaan pilkada 2018 di Kabupaten Pasuruan terus dilakukan. Mulai kegiatan simulasi hingga pemetaan kerawanan di sejumlah wilayah.

Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono meyakinkan, pilkada di Kabupaten Pasuruan relatif aman dan kondusif. Hal itu berdasarkan pantauan dan kesimpulan dari kegiatan tiga pilar plus yang dilakukan di 17 kecamatan.

Ia mencatat, ada beberapa kerawanan dalam pelaksanaan pilkada di Kabupaten Pasuruan. Tingkat kerawanan itu berdasarkan letak geografis dan kondisi wilayahnya.

"Kami sudah melakukan pemetaan. Setiap wilayah memiliki risiko masing-masing. Tapi kami yakin, semuanya bisa kondusif," kata Raydian.

Seperti di wilayah Tosari, Pupso, dan beberapa daerah yang berada di pegunungan. Daerah tersebut, rentan longsor. Atau daerah Pasrepan dan beberapa daerah lain yang rentan kejahatan.

Namun, dia meyakinkan, semua risiko tersebut sudah diantisipasi. Simulasi di sejumlah kecamatan juga sudah dilakukan.

"Kami sudah keliling tiga pilar plus di 17 kecamatan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengukur tingkat kerawanan. Dari kegiatan yang kami lakukan, kami simpulkan Kabupaten Pasuruan cenderung aman," sampainya.

Diuraikan Raydian, pihak kepolisian siap mengamankan pilkada. Meski relatif aman, pihaknya tak mau under estimate. Pengamanan maksimal akan dilakukannya, untuk mengantisipasi semua risiko yang bisa terjadi.

(br/one/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia