Minggu, 22 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Pilwali Probolinggo Bakal Gunakan Kotak Suara Bekas

Selasa, 17 Apr 2018 12:30 | editor : Muhammad Fahmi

kotak suara, logistik, pilkada, pilwali, probolinggo

BEKAS: Kotak suara yang digunakan dalam pilkada lalu bakal digunakan untuk pilkada serentak 2018 ini. (Dok. Radar Bromo)

MAYANGAN - Pelaksanaan Pilkada Kota Probolinggo tahun ini diperkirakan membutuhkan 1.134 kotak suara. Hal itu berdasarkan hitungan jumlah minimal setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang membutuhkan 3 kotak suara.

Dengan jumlah total TPS se-Kota Probolinggo mencapai 378 TPS. Sehingga, dibutuhkan sekitar 1.134 kotak suara. “Paling tidak di setiap TPS minimal ada 3 kotak suara. Satu kotak suara untuk mengangkut logistik pilkada, seperti surat suara dan surat-surat administrasi pilkada,” ujar Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri.

Meski membutuhkan ribuan kotak suara, Hudri memastikan, tidak ada proyek pengadaan kotak suara baru. Sebab, akan tetap menggunakan kotak suara lama.

“Kotak suara dan bilik suara KPU masih ada dan tersimpan dengan baik di gudang. Perawatan tetap dilakukan supaya tidak rusak,” ujarnya. Sedangkan, untuk bilik suara di setiap TPS bisa digunakan 1-2 bilik suara.

Hudri mengatakan, dalam pilkada ini kotak suara masih menggunakan kotak suara lama. Itu, berbeda dengan pelaksanaan pemilu tahun depan. Dalam pelaksanaan pemilu, akan digunakan kotak suara transparan.

Pengadaannya akan dilakukan KPU RI. “Berbeda dengan pilkada, untuk pileg (pemilihan legislatif) akan menggunakan kotak suara transparan,” ujarnya.

(br/mie/put/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia