Kamis, 19 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

563 Penghuni Lapas Pasuruan Masuk DPS Pilgub Jatim

Sabtu, 07 Apr 2018 15:00 | editor : Muhammad Fahmi

lapas, pasuruan, klas IIb, penjara, rutan, rumah tahanan

TAK ADA TPS KHUSUS: Kondisi Lapas Pasuruan. (Dok. Radar Bromo)

PASURUAN - Ratusan penghuni Lapas II B Pasuruan tercatat dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Pilgub Jatim 2018. Meski begitu, KPU Kota Pasuruan memutuskan untuk tak mendirikan TPS khusus di lapas. Namun, KPU tetap menyediakan TPS untuk penghuni lapas maupun pegawai yang tercatat dalam daftar pemilih.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Data dan Perencanaan A Sofyan Sauri membeberkan, ada 563 penghuni lapas yang kini tercatat dalam DPS. Ia merinci, 103 pemilih berasal dari Kota Pasuruan. Sedangkan 460 pemilih berasal dari luar kota yang masih dalam lingkup wilayah Jawa Timur.

“Akan tetapi, jumlah DPS tersebut masih memungkinkan berubah. Mengingat, penetapan DPT baru akan dilaksanakan pada 7 April mendatang,” beber Sofyan.

Oleh sebab itu, KPU masih memiliki waktu untuk melakukan perbaikan apabila ada perubahan daftar pemilih. Baik disebabkan adanya penghuni lapas yang telah memasuki masa bebas, maupun sebaliknya. Yaitu, ada penambahan penghuni lapas baru.

Meski begitu, Sofyan menegaskan bahwa pihaknya tak mendirikan TPS khusus. Akan tetapi, penghuni lapas masih tetap bisa menggunakan hak suaranya.

“Kami tak mendirikan TPS khusus, masih sama dengan Pilwali 2015 lalu. Untuk penghuni lapas, akan ada satu TPS yang berada di dalam lapas,” jelas Sofyan.

Lebih lanjut, Sofyan menyebut ada 310 TPS yang tersebar di empat kecamatan di Kota Pasuruan. Salah satunya, akan didirikan di dalam lapas. Yakni, TPS 20 yang termasuk di Kelurahan Purworejo/Kecamatan Purworejo. "Kami juga sudah melakukan sosialisasi terhadap penghuni lapas,” tegas dia.

Diketahui, hasil rekapitulasi DPS di Kota Pasuruan mencapai 141.784 pemilih. KPU Kota Pasuruan pun telah menyediakan 310 TPS yang tersebar di empat kecamatan. Di Kecamatan Bugul Kidul 46 TPS; Kecamatan Gadingrejo 67 TPS; Kecamatan Panggungrejo 109 TPS; dan Kecamatan Purworejo 88 TPS.

(br/tom/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia