Senin, 23 Jul 2018
radarbromo
icon featured
Hukum & Kriminal

Duh, Dua Bulan Ada 14 Curanmor di Wilayah Polres Probolinggo Kota

Selasa, 20 Mar 2018 11:00 | editor : Muhammad Fahmi

maling, pencuri, motor, curanmor, ditangkap, dibekuk, diborgol

ILUSTRASI (Dok. JawaPos.Com)

MAYANGAN - Kasus pencurian dan penipuan masih marak terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota. Selama Januari-Februari 2018, tercatat ada 28 kasus pencurian dan 12 kasus penipuan. Dari 28 kasus pencurian itu, separonya atau 14 kasus berupa pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, jumlah total kasus curanmor dan pencurian biasa sama, masing-masing 14 kasus. Dari jumlah itu, sudah diselesaikan masing-masing 7 kasus. Berikutnya ada 12 kasus penipuan dan 7 kasus sudah selesai.

Pencurian biasa itu terjadi pada Januari, sebanyak 10 kasus dan berhasil diungkap 4 kasus. Bulan Maret ada 4 laporan dan 3 di antaranya sudah terungkap. “Pada Februari pencurian biasa berkurang dibanding dengan Januari,” ujarnya.

Kasus curanmor terjadi 5 kali pada Januari dan 3 di antaranya sudah diungkap. Bulan Maret, meningkat ada 9 kasus dan 4 kejadian berhasil diungkap. “Kasus curanmor pada bulan Februari naik,” ujarnya.

Sedangkan, aksi penipuan dari 12 kasus sebanyak 7 kasus terjadi pada Januari dan 4 kasus terungkap. Selebihnya atau 5 kasus terjadi selama Februari dan baru 3 kasus yang terungkap.

“Kasus penipuan pada Januari lebih tinggi dibanding Februari. Selisih dua laporan,” ujar Alfian.

Alfian mengatakan, maraknya pencurian biasa dan curanmor rata-rata karena kelalaian korban. Artinya, ada kesempatan, sehingga muncul niat melakukan tindak kejahatan.

“Kami imbau masyarakat tetap waspada. Tidak memberikan kesempatan pada pelaku. Sebisa mungkin menjaga barang berharganya dan tidak lalai. Jika tak ada kesempatan, niatpun akan kendur,” ujarnya.


Kasus Pencurian-Penipuan pada Januari-Februari

Curanmor
Laporan: 14 kasus
Terungkap: 7 kasus

Pencurian Biasa
Laporan: 14 kasus
Terungkap: 7 kasus

Penipuan
Laporan: 12 kasus
Terungkap: 7 kasus

(br/mie/rpd/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia