Minggu, 22 Jul 2018
radarbromo
icon-featured
Hukum & Kriminal

Nih Dia, Gebrakan Putra Tukul Arwana di Awal Menjabat Kasatlantas

Kamis, 14 Dec 2017 08:12 | editor : Muhammad Fahmi

knalpot brong, kasatlantas, anak tukul arwana, ega prayudi

CEK LANGSUNG: Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Ega Prayudi (kanan) ketika mendatangi salah satu toko aksesori sepeda motor di Kecamatan Kraksaan, Rabu (13/12). (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

KRAKSAAN - Malam tahun baru yang biasanya bising dengan sepeda motor berknalpot brong menjadi perhatian Satlantas Polres Probolinggo. Rabu (13/12), Satlantas merazia sejumlah toko spare part atau aksesori sepeda motor dan bengkel knalpot.

Razia ini digelar sebagai salah satu bentuk antisipasi maraknya penggunaan knalpot brong saat perayaan malam tahun baru. Pihak kepolisian melarang keras pemakaian knalpot brong pada kendaraan bermotor.

Dalam razia itu, sejumlah toko yang menjual knalpot brong diminta menurunkannya dari rak display. Serta, diminta tidak diperjualbelikan pada masyarakat.

Sebab, menggunakan knalpot brong jelas dilarang. Bengkel knalpot brong juga tidak luput dalam razia. Mereka diminta tidak menyediakan dan melayani pemasangan knalpot brong.

“Kami tidak pernah menyarankan atau meminta pengguna motor memakai knalpot brong. Kami menyediakan karena permintaan masyarakat. Tapi karena sudah ada imbauan ini kami tidak akan menjual,” ujar Pemilik Toko Istana Motor (Aksesori Motor) di Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Budi Irawan.

Sedangkan Kasat Lantas AKP Ega Prayudi mengatakan, semua kendaraan, khususnya sepeda motor jelas dilarang keras menggunakan knalpot brong. Sebab, itu mengganggu ketertiban masyarakat.

Karenanya, untuk mencegah penggunakan knalpot brong, pihaknya merazia sejumlah toko spar part sepeda motor dan bengkel. Mereka diminta tidak menyediakan knalpot brong.

“Ini sebagai salah upaya untuk mencegah makin banyaknya penggunaan knalpot brong. Kami minta pemilik toko tidak menjual knalpot brong. Sedangkan, bengkel kami minta tidak lagi memberikan jasa pemasangan atau pembuatan knalpot brong,” ujar Ega, yang merupakan putra sulung Tukul Arwana, komedian kondang itu.

Kendaraan yang sudah menggunakan knalpot brong dikatakan Ega, tetap menjadi perhatian. Pihaknya akan meningkatkan razia knalpot brong dan menindaknya. Tidak hanya tindakan berupa tilang, tapi juga akan meminta pelanggar mengganti knalpot motornya dengan yang standart. Jika tidak, sepeda motornya akan diamankan.

“Menjelang Natal dan tahun baru kami akan tingkatkan razia kendaraan bermotor. Khusus knalpot brong, kami tindak langsung. Supaya tidak ada lagi knalpot brong saat Natal ataupun tahun baru,” ujarnya.

(br/mie/mas/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia