Warga Berharap Kampung Hebat Kota Pasuruan Bisa Digelar Tiap Tahun

SAMBUTAN WARGA: Tim juri Lomba Kampung Hebat disambut warga ketika melakukan kunjungan lapangan. Kunjungan lapangan dilaksanakan sejak Senin (25/11) hingga Rabu (27/11). (Foto: Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN, Radar Bromo – Juri Lomba Kampung Hebat 2019 Kota Pasuruan mulai turun lapangan. Kemarin, ada enam lokasi yang menjadi tujuan penilaian dalam kunjungan lapangan yang akan dilakukan sampai Rabu (27/11) tersebut.

Kemarin, tim juri mengunjungi RT 5/RW 7 Kelurahan Bakalan; RT 8/RW 6 dan RT 9/RW 6 Kelurahan Bugul Kidul; dan RT 8/RW 5 Kelurahan Tembokrejo. Serta, RT 1/RW 4 dan RT 2/RW 7 Kelurahan Wirogunan. Kunjungan yang dimulai pukul 08.30 itu mendapatkan sambutan hangat dari warga.

Warga mengungkapkan, adanya Lomba Kampung Hebat semangat warga untuk memperbaiki lingkungan dengan cara swadaya bisa tumbuh. Ketua RW 6 Kelurahan Bugul Kidul Yuyut Hermawan mengatakan Lomba Kampung Hebat menjadi event yang ditunggu-tunggu untuk memacu semangat warga memperbaiki lingkungan.

“Dengan adanya event Lomba Kampung Hebat ini semangat warga untuk memperbaiki lingkungan semakin baik. Kesadaran warga untuk menjaga kebersihan dan memperindah lingkungan membuat warga kompak gotong royong,” ujarnya.

Dalam penilaian kemarin, tim juri mengungkapkan penilaian tahun ini lebih berat daripada tahun-tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini Pemkot Pasuruan lewat Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP), ingin memacu semangat warga untuk memperbaiki lingkungan dengan nyata.

“Kami ingin tahu apa yang diunggulkan dari masing-masing lokasi yang dinilai tentang program unggulannya. Sehingga, memang layak disebut Kampung Hebat dan benar-benar hebat,” ujar salah satu juri, Bambang Harijono.

Juri perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Pasuruan Jumawan menambahkan parameter penilaian Lomba Kampung Hebat juga menilai inovasi yang dilakukan warga untuk memperbaiki lingkungan dan memiliki dampak untuk kesehatan. “Tidak hanya menjadikan lingkungannya indah, tapi juga asri dan sehat,” ujarnya.

Kunjungan lapangan ini akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai Senin-Rabu (25-27/11). Selanjutnya, tim juri akan mengumumkan pemenang pada masing-masing kategori. Meliputi, kategori perumahan dan nonperumahan atau permukiman. (lel/rud/fun)