Angler asal Sukabumi Tegang Angkat Lele 3 Kilogram di Galatama

KADEMANGAN, Radar Bromo – Perasaan bangga dirasakan Muhamad Zainul, angler asal Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan. Setelah berjibaku melawan sambaran lele, akhirnya dia berhasil mengangkat lele seberat 3.031 kilogram. Sekaligus menjadi tangkapan terberat diantara 125 peserta dalam galatama lele di kolam Bromo Fishing sabtu (23/11).

Atas tangkapan itu dirinya berhak membawa hadiah berupa uang tunai Rp 2 juta.

Bersama empat orang rekannya yang tergabung dalam Grup Dian Bermi, Zainul sapaan akrabnya, turun dinomor lapak 62. Tak ada persiapan khusus yang dilakukanya dalam lomba ini. Hanya saja umpan yang digunakan adalah umpan yang masih segar.

“Sudah biasa ikut lomba, jadi tak ada persiapan apapun. Umpan yang digunakan mungkin sama dengan peserta yang lainnya yakni cacing, daging ayam dan telur yang dikombinasikan, ,” ujarnya.

Masuk di jok kedua, dirinya mengaku sempat merasa kaget dan tegang saat umpan yang dilempar dalam kolam mendapatkan sambaran kuat dari lele. Karena itu dia sangat berhati-hati ketika ikan melakukan perlawanan.

“Saya sangat hati-hati saat mengangkat, soalnya sambaran sangat kuat, untungnya bisa diangkat dan dinyatakan sah oleh panitia,” tuturnya.

Galatama lele ini dimulai pukul 21.25 dan selesai pukul 22.50. Galatama diikuti oleh peserta dari Kota/Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan. Selama 90 menit yang dibagi menjadi 2 jok peserta berlomba mendapatkan tangkapan terberat. Pada jok pertama disebar 70 kilogram lele, dan di jok kedua disebar 130 kilogram lele dalam kolam.

Ketua panitia galatama lele Ainul Mashudi mengatakan bahwa galatama kali ini peserta yang mendaftar untuk ikut galatama lele sangat membludak. “Beberapa orang mengantri untuk ikut lomba. Karena lapak terbatas, terpaksa kami lakukan pengundian supaya terpenuhi jumlah lapak yang ada,” ujarnya.

Setelah 90 menit perlombaan berjalan, kemudian ditentukanlah 9 nominasi lele terberat yang berhasil ditangkap. Selain Mohamad Zainul, juara kedua Putra Kramat nomor lapak 113 berat lele 2.876 kilogram Rp 800 ribu ; juara ketiga Dendy nomor lapak 100 berat lele 2.802 kilogram Rp 400 ribu.

Ada pula juara keempat Sarjani nomor lapak 4 berat lele 2.793 kilogram Rp 200 ribu; juara kelima H. Rosad nomor lapak 74 berat lele 2.685 kilogram Rp 100 ribu; juara keenam Bintang Kolam nomor lapak 107 berat lele 2.675 kilogram, juara ketujuh Pradana nomor lapak 95 berat lele 2.657 kilogram, juara delapan Kramat nomor lapak 79 berat lele 2.570 kilogram, dan juara kesembilan Rohman nomor lapak 6 berat lele 2.428 kilogram. Juara 6 sampai 9 masing-masing mendapatkan hadiah uang Rp 75 ribu. (ar/fun)