alexametrics
28C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Masih Petakan Potensi Kunjungan Wisata Baru di Kab Probolinggo

DRINGU,Radar Bromo – Potensi sektor wisata di Kabupaten Probolinggo, untuk memompa pendapatan asli daerah (PAD) terus dimaksimalkan. Sejumlah destinasi wisata baru terus dikembangkan. Seperti Pundak Lembu atau P30 dan Air Terjun Jaran Goyang. Namun, sejauh ini banyak destinasi wisata yang belum dibebani PAD.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan, saat ini sektor wisata masih tetap fokus pada pengenalan destinasi wisata. Sebab, dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19, belum memungkinkan untuk menggenjot PAD sektor wisata. “Wisata, baru buka beberapa bulan lalu. Itupun masih ada pembatasan pengunjung. Tidak mungkin kami paksakan target harus tercapai,” ujarnya.

Menurutnya, dibukanya destinasi wisata sebagai salah satu upaya menormalkan geliat perekonomian di sektor wisata. Adanya pentupan sementara wisata berdampak pada perekonomian pelaku wisata. Kendati masih ada pembatasan, dibukanya wisata dapat mengerek ekonomi pelaku wisata.

“Wisata ditutup otomatis tidak ada pemasukan. Dengan mempertimbangkan kondisi itu, sektor wisata dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Terkait wisata baru yang telah dikembangkan, seperti P30 di Kecamatan Sumber dan Air Terjun Jaran Goyang di Krucil, Disporaparbud belum memberikan beban target PAD. Sebab, masih perlu dilakukan pemetaan potensi kunjungan. Serta, beberapa kajian lanjutan sebelum menetapkan target PAD yang harus dicapai.

“Saat pandemi kami tidak berbicara masalah target, karena kondisi belum memungkinkan. Jika kondisi sudah pulih dan kunjungan juga normal, mulai kami lakukan kajian. Setelah kajian dilakukan, segera ditetapkan target yang harus dicapai,” jelas Sugeng. (ar/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU