Setahun Memimpin, Realisasikan Ambulans Kelurahan dan Pendidikan Gratis

DEMI RAKYAT: Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin (pegang mik) bersama wakilnya, Moch. Soufis Subri (tiga dari kanan) dan Forkopimda dalam kegiatan Refleksi Kinerja Wali Kota-Wakil Wali Kota Probolinggo 2019-2020, (29/1). (Kominfo for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

MAYANGAN, Radar Bromo – Menginjak satu tahun kepemimpinan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dan wakilnya, Moch. Soufis Subri, beragam kegiatan digelar Pemkot. Rabu (29/1), digelar Refleksi Kinerja Wali Kota-Wakil Wali Kota Probolinggo 2019-2020.

Kegiatan ini digelar di Museum Kota Probolinggo mulai pukul 08.00. Selain masyarakat umum, sejumlah kepala OPD dan Forkopinda juga terlihat hadir dalam acara tersebut. Dalam kesempatan ini, Wali Kota menyampaikan sejumlah keberhasilannya, sesuai visi-misi yang dicanangkan setahun lalu.

Salah satu program di sektor kesehatan. Yakni, telah terealisasinya pengadaan 18 unit ambulans untuk kelurahan. Selain itu, juga berhasil merampungkan program Universal Health Center (UHC) yang mampu meng-cover asuransi kesehatan 237.693 jiwa.

Pemkot Probolinggo juga memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Probolinggo yang menjalani rawat inap di luar kota. Terutama di Malang, Surabaya, dan Jember. Di tiga daerah itu, Pemkot menyiapkan rumah singgah bagi keluarga pasien, sehingga memudahkan mobilisasi mereka selama di luar kota.

“Untuk rumah sakit baru, insyaallah pembangunannya akan dimulai pada akhir Maret atau awal April. Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat, karena dengan kebersamaan segalanya dapat menjadi lebih mudah,” ujar Hadi.

Bidang kesehatan dan pendidikan memang menjadi perhatian utama Handal Brilian. Di sektor pendidikan, mereka berhasil merealisasikan program pendidikan gratis SD-SMP dan menyediakan seragam gratis untuk 2.283 siswa.

Serta, mengadakan komputer untuk lembaga pendidikan sebagai sarana pendukung bagi siswa. Ada juga pemberian beasiswa strata satu (S-1) bagi anak-anak berprestasi yang kurang mampu.

“Tujuan utama kami, kebermanfaatan bagi masyarakat. Jika dalam visi-misi tidak ada manfaatnya, maka visi-misi itu dikatakan tidak berhasil. Harapan saya, semoga apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sebuah kebijakan yang tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, itu tidak ada artinya,” ujar Hadi.

Dalam rangka setahun kepemimpinannya, banyak kegiatan yang akan digelar Pemkot. Di antaranya, ada bazar UMKM, pameran pembangunan dan pelayanan publik, pagelaran musik, hingga cangkrukan. Selain itu, ada Lomba Video Blog bertema Satu Tahun Kinerja Wali Kota Hadi. Peserta bisa mem-posting videonya mulai 29 Januari 2020. Hasilnya, akan diumumkan pada 6 Februari 2020.

Selain itu, besok akan digelar senam dan gowes bersama dilanjutkan dengan Semarak Pagi Kota Probolinggo (SPKP) pertama tahun ini pada Minggu (2/2). Kegiatan ini akan dimeriakan dengan musik religi yang menghadirkan bintang tamu, Opick. Acara ini akan digelar di Depan Kantor Kecamatan Mayangan, mulai pukul 07.00 sampai pukul 09.00. (rpd/rud)