alexametrics
29C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Stok Darah O Menipis, PMI Optimalkan Penjaringan

MAYANGAN, Radar Bromo – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Probolinggo menipis. Bahkan stok darah golongan O, di bawah kritis, yakni 9 kantong. Sementara jumlah stok dikatakan kritis jika berada di angka 10. Kemudian untuk stok dikatakan aman berkisar 20-30 kantong darah.

Salah satu pengurus PMI Kota Probolinggo Dau Widodo menerangkan bahwa untuk stok darah di PMI terhitung 27 September 2020, golongan darah O menipis. “Golongan darah O ada 9 kantong, padahal stok dikatakan kritis jika memasuki 10 kantong,” ungkap Dau.

Kendati demikian, guna mengantisipasi hal tersebut, Minggu (29/11) nanti pihaknya akan melakukan transfusi darah di kampung donor darah (Dora) yang berada di Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Menurutnya kekurangan stok darah itu juga terjadi di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Probolinggo dan juga Kabupaten Pasuruan. Oleh karenanya ia berharap, bagi masyarakat bisa mendonorkan darahnya.

“Ada sejumlah keuntungan dalam mendonorkan darah bagi kesehatan. Termasuk menjadi ladang amal ibadah. Oleh karenanya harapannya masyarakat tidak bosan-bosan untuk donor darah,” tandas Dau. (rpd/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU