alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Perlu Perkuat Perencanaan Pemanfaatan Pantai di Kota Probolinggo

MAYANGAN, Radar Bromo – Rencana Pemerintah kota probolinggo untuk mendapatkan izin pengelolaan pantai belum bisa segera terlaksana. Pasalnya Proses pengajuan sampai saat ini masih belum selesai.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan bahwa ada rapat koordinasi di Pemprov Jatim terkait perizinan untuk pemanfaatan kawasan pantai. “Dari pemprov menyarankan agar perencanaan pemanfaatan 5 titik kawasan pantai itu lebih diperkuat. Untuk apa saja rencana pemanfaatan yang akan dilakukan di Kota Probolinggo,” ujar Budi Krisyanto, kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kota Probolinggo.

Mendapat masukan seperti, maka Dispopar perlu melakukan perbaikan untuk perencanaan pemanfaatan kawasan pantai. Dispopar mengajukan izin pemanfaatan kawasan pantai ke Pemprov Jawa Timur sejak Juni 2020 lalu.

Sebelum mengajukan izin pemanfaatan pantai, Dispopar telah melakukan studi referensi ke Situbondo yang sebelumnya telah mengajukan izin pemanfaatan pantai. Bahkan telah berjalan untuk pemanfaatan pantai.

Izin tersebut berupa pemanfaatan kawasan pantai sepanjang sekitar 7 kilometer dari batas kota di Kelurahan Ketapang sampai Kelurahan Mangunharjo. Mulai dari Pantai Ketapang, Pantai Permata, Pantai di wilayah Sukabumi, Pantai Mayangan serta pantai di Kelurahan Mangunharjo.

Meskipun izin pemanfaatan pantai belum selesai, pengembangan wisata pantai di Kota Probolinggo telah berjalan. Salah satunya adalah wisata Pantai Permata yang saat ini telah ramai dikunjungi wisatawan dari dalam Kota Probolinggo dan luar. (put/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU