Hujan Lebat, Sejumlah Wilayah di Kota Probolinggo Ini Terendam  

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Hujan lebat yang mengguyur Kota Probolinggo sejak sore, menyebabkan banjir di sejumlah wilayah kota.

Berdasarkan data dari BPBD Kota Probolinggo, banjir terjadi di semua titik langganan banjir. Mulai Kampung Dok RW 6 Kelurahan Mayangan; sebagian Jalan Sunan Kalijaga RW 2 Kelurahan Jati; Kelurahan Sukoharjo mulai Jl. Hasan Genggong Gang Pelita, Flamboyan, dan Jalan Panglima Sudirman Gang Aladin.

Hampir semua jalur protokol pun kebanjiran. Mulai sepanjang Jalan Suroyo, Jalan Panglima Sudirman di depan toko Jati Luhur, Jalan Siaman, perempatan Kecapan arah Jalan Abdul Hamid. Lalu, Jalan Sunan Muria dari arah Jalan Hasan Genggong; Jalan Mastrip di perempatan dengan Jalan Bengawan Solo. kemudian, Jalan Mastrip di persimpangan dengan Jalan Indragiri; Jalan Wahid Hasyim Gang Gerilya.

Karno, staf BPBD Kota Probolinggo menerangkan, banjir terjadi lantaran curah hujan yang tinggi sejak pukul 15.00. Hujan mulai reda menjelang petang, pukul 17.00. Dan banjir berangsur surut setelah pukul 17.30.

“Di Kota Probolinggo, banjir terjadi merata. Hanya saja tingkat penurunannya (surut) berbeda. Adapun daerah banjir cukup tinggi yaitu di Kampung Dok, Jati, Sukoharjo, Kebonsari Wetan. Ada yang tingginya sekitar 50 sentimeter atau selutut orang  dewasa.  Namun, sudah mulai surut,” katanya

Banjir diperparah oleh saluran air yang tersumbat sampah. Ditambah curah hujan tinggi, sehingga volume air meningkat. Sementara daerah yang lebih rendah otomatis akan dialiri air dari daerah yang lebih tinggi. “Salah satu contohnya Kampung Dok. Karena kondisinya rendah,  maka jadi langganan banjir,” tambahnya.

Kasi Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kota Probolinggo Nurkholis menambahkan, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin langsung turun ke sejumlah lokasi banjir bersama sejumlah pihak. Mulai Dinas PUPR Perkim, BPBD, DLH, serta camat.

Tujuannya, untuk mengetahui secara langsung, serta langkah apa yang akan diambil ke depan. Sehingga, paling tidak meminimalisasi kejadian serupa. Sebab, banjir sampai masuk ke rumah warga. “Pak Wali melakukan cek lokasi di Sukoharjo dan Jati. Selain itu, kami dari BPBD berusaha membantu warga,” katanya. (rpd/hn)