Dishub Kab Probolinggo Ajukan Perubahan Rambu di Tol Paspro  

TONGAS, Radar Bromo-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo mengajukan perubahan rambu-rambu di sejumlah titik jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Sebab, sejumlah plang rambu-rambu membuat pengguna jalan tol Paspro, bingung. Termasuk, usulan penambahan rambu arah Bromo di exit Tol Tongas.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto melalui Kabid LLAJ Bambang mengatakan, tahun kemarin pihaknya mendapatkan aduan dari pengguna jalan tol Paspro. Yakni, terkait nama-nama rambu arah. Salah satunya papan arah setelah exit Tol Leces (Probolinggo Timur). “Kami mengusulkan pada pengelola jalan tol (PT Trans Jawa Tol Paspro) untuk mengubah sejumlah nama papan arah jalan tol Paspro,” katanya.

Seperti nama pada papan rambu setelah pintu exit Tol Leces. Di situ disebutkan belok kanan ke arah Dringu. Bagi pengguna jalan tol dari luar daerah, hampir semuanya belum mengenal wilayah Dringu. “Kami meminta setelah pintu exit Tol Leces, nama papan rambu belok kanan diganti arah Kota Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi,” jelasnya.

Selain itu, kata Bambang, pihaknya juga meminta adanya tambahan nama Bromo pada rambu ke arah exit Tol Tongas. Karena selama ini pengguna jalan tol yang hendak ke Bromo, hampir semuanya keluar pintu tol Muneng, Kecamatan Sumberasih. Padahal, lebih dekat keluar di exit Tol Tongas dan lewat ke arah Lumbang. “Kami sudah usulkan dan koordinasikan dengan pengelola tol. Direncanakan dalam waktu dekat akan diubah,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Operasional PT Trans Jawa Tol Paspro Sukiran mengaku menerima baik usulan dan masukan itu. Pihaknya akan segera menggantinya. “Rambu-rambu arah yang perlu diganti akan segera diganti. Yang perlu ditambahi, akan ditambahi,” ujarnya. (mas/rud)