Usai 32 Tahun, Selangkah Lagi Plaza Probolinggo Kembali ke Pemkot

ASET PEMKOT: Pengendara motor melintas di Jalan Panglima Sudirman depan Plaza Probolinggo. Aset Pemkot Probolinggo yang lama dikuasai pihak swasta ini akan segera kembali ke tangan Pemkot. (Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN, Radar Bromo – Selangkah lagi Plaza Probolinggo akan kembali ke tangan Pemkot Probolinggo. Pengembalian aset Pemkot yang sudah 32 tahun dikuasai pihak swasta itu, tinggal tanda tangan surat serah terima.

Kabag Hukum Pemkot Probolinggo Titik Widayawati mengatakan, persoalan Plaza Probolinggo sudah memasuki tahap akhir. Yakni, tinggal tanda tangan serah terima antara Pemkot Probolinggo dengan PT Avila Prima, sebagai pihak yang selama ini mengelola Plaza Probolinggo.

“Untuk Plaza Probolinggo, tinggal membuat berita acara yang akan ditandatangani kedua belah pihak. Meski masih belum, namun konsepnya sudah ada,” ujar Titik, Senin (27/1).

Menurutnya, setelah beberapa kali pertemuan, kedua belah pihak sudah saling sepakat. Namun, terkait kapan dan di mana akan dilakukan penandatanganan tersebut, pihaknya mengaku masih akan berkoordinasi dengan PT Avila Prima.

“Kami sudah beberapa kali datang dan pihak PT Avilah Prima sudah sepakat. Tinggal tanda tangan saja. Saya masih belum ke Surabaya lagi untuk mengurus waktu penandatanganannya. Jadi, belum ada penetapan waktunya,” ujarnya.

Jika nantinya sudah ditandatangani, pihaknya juga akan mengundang kembali sejumlah pedagang di Plaza Probolinggo. Selanjutnya, pemerintah akan mencabut SIP yang mereka miliki dan akan diganti dengan SIP yang baru sesuai ketentuan.

“Jika sudah menjadi aset Pemkot, pengelolaannya nanti ada di Pemkot. Itu nanti kayak penghuni lainnya, termasuk PT Avila Prima yang memegang SIP saat ini akan ditarik oleh Pemkot. Kemudian, mereka akan mendapatkan perjanjian baru dengan perjanjian sewa-menyewa,” ujar Titik. (rpd/rud)