alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Jalan Perlintasan KA Anggrek Turun 2 CM, Baru Diperbaiki Pekan Depan

KADEMANGAN, Radar Bromo – Jalan di perlintasan kereta api (KA) di Jalan Anggrek, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, sejak beberapa pekan terakhir sering dikeluhkan warga. Sebab, setelah ada perbaikan perlintasan KA, bekas galian jalan seakan dibiarkan rusak.

Namun, ternyata sementara dibiarkan dan sengajar tidak diaspal karena masih dalam masa pemadatan. Itu, dilakukan setelah rel KA di perempatan Pilang ini turun 2 sentimeter.

Kepala Resort Jalan KA Wilayah Probolinggo Wasito mengatakan, pihaknya sedang melakukan pemadatan jalur KA di Jalan Anggrek, Kota Probolinggo. Pemadatan dilakukan dengan menguruk bagian bawah perlintasan KA menggunakan kerikil. Sebab, Rel KA ini sempat turun 2 sentimeter dari posisi awal.

“Saat ini memang dilakukan pemadatan. Caranya, bagian bantalan bawah rel diberi kerikil. Itu modelnya digenjrot begitu. Memang saat ini dibiarkan begitu sampai benar-benar padat. Setelah digenjrot dibiarkan dulu, apalagi yang melintas di sana kan truk bertonase tinggi. Minggu selanjutnya digenjrot lagi dengan batu kerikil hingga benar benar padat,” jelasnya.

Menurut Wasito, jika langsung diaspal sebelum bagian bawah bantalan benar-benar padat, dikawatirkan ambles lagi. “Kasus ini sama seperti di Perlintasan KA 06 Leces. Jadi, bukan dibiarkan begitu setelah digenjrot,” ujarnya.

Rencananya, kata Wasito, pekan depan akan mulai diaspal. Sehingga, kembali mulus seperti semula. “Rencananya pekan depan mulai kami hotmix. Hotmix akan dilakukan di dua titik. Di 02 di Jalan Anggrek dan di 06 Leces,” jelasnya. (rpd/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU