Data 5 Pasien Positif Korona Kota Probolinggo Dialihkan ke Kabupaten

MAYANGAN, Radar Bromo – Adanya sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Probolinggo yang terkofirmasi positif korona dan sempat masuk data Pemkot Probolinggo, direvisi. Pemkot mengalihkan data mereka dan dimasukkan ke data pasien positif Pemkab Probolinggo.

“Hasil koordinasi ada revisi yang perlu disampaikan. Kemarin, tercatat ada 19 orang positif. Yang konfirmasi positif kabupaten 6 orang, domisili Kota Probolinggo. Dari 6 orang itu, 1 meninggal dunia, 5 nakes Kabupaten Probolinggo yang datanya masuk ke Kota Probolinggo,” ujar Wakil Ketua Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Kota Probolinggo Moch. Soufis Subri.

Menurutnya, 5 nakes Kabupaten Probolinggo yang sebelumnya masuk data pasien positif di Kota Probolinggo, itu dialihkan ke data pasien positif Kabupaten Probolinggo. Hal ini juga berlaku bagi nakes Kabupaten Probolinggo yang bekerja di Kota Probolinggo, jika terpapar Covid-19. Datanya akan masuk data Kota Probolinggo.

Pertimbangan, karena yang bersangkutan tenaga kesehatan Kabupaten Probolinggo. Serta, pelaksanaan rapid test, karantina, dan pengambilan sampel swab dilakukan oleh Pemkab Probolinggo. Begitu juga dengan isolasinya, juga dilakukan di rumah sakit di Kabupaten Probolinggo.

Menurut Subri, kebijakan ini hanya berlaku bagi nakes yang berdomisili di Kota Probolinggo. Sedangkan, bagi keluarga nakes tersebut, tetap menjadi tanggung jawab Gugus Tugas Covid-19 Kota Probolinggo. “Mulai karantina bagi keluarga sampai proses tracking keluarga nakes tetap di Gugus Tugas Kota,” jelasnya.

Dengan adanya revisi data ini, jumlah pasien positif di Kota Probolinggo yang sebelumnya tercatat ada 19 orang, berkurang 5 orang. Namun, sampai sore kemarin, tercatat ada 2 orang tambahan pasien positif baru. Mereka berasal dari Kelurahan Kanigaran dan Kelurahan Jati. Karenanya, total pasien positif sampai kemarin menjadi 16 orang. “Dua orang ini terkonfirmasi positif sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP),” ujar Plt Kadinkes Kota Probolinggo NH Hidayati. (put/rud)