Damkar Probolinggo Eksekusi Dua Sarang Tawon di Jrebeng Lor

KEDOPOK, Radar Bromo – Memasuki musim hujan, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kota Probolinggo harus tetap standby melayani masyarakat. Sebab, kini tak hanya kasus kebakaran yang harus mereka tangani. Laporan masyarakat terkait masalah sarang tawon, juga harus dieksekusi.

Rabu (26/2), petugas yang biasa berjibaku dengan api ini mengeksekusi dua sarang tawon jenis vespa affinis. Dua sarang tawon itu berada di belakang rumah Samad, warga Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo.

Menurut Samad, sebelum dievakuasi petugas damkar, ada keluarganya yang dikejar segerombolan tawon. Karena membahayakan, pihaknya langsung menghubungi petugas damkar untuk memusnahkannya. “Saya meminta bantuan Nanik (kerabatnya) untuk menghubungi Damkar melalui (Call Center) 112. Beruntung petugas segera datang,” ujarnya.

Kasi Damkar Satpol PP Kota Probolinggo Abdullah membenarkan pihaknya mendapatkan laporan melalui sambungan Call Center 112. Bersama anggotanya, pihaknya langsung meluncur ke lokasi.

Proses evakuasi berjalan lancar, sebab kata Abdullah, lokasinya tidak terlalu tinggi. Serta, tawon ndas itu sedang berada di dalam sarangnya. “Kami evakuasi sarangnya dengan cara dimasukkan ke karung,” ujarnya.

Setelah sarang dievakuasi, petugas melihat jika ada satu sarang lagi yang jaraknya tidak begitu jauh dengan titik yang pertama. Sarang kedua itu berada di rumah tetangga Samad, Doli. “Ukuran dan bentuknya hampir sama. Jaraknya juga berdekatan. Diperkirakan ini masih satu kloni,” ujar Abdullah. (rpd/rud)