Lanjutkan Pembangunan di TPA Wonokerto, Tahun Ini Siapkan Rp 17 M

BANGIL, Radar Bromo – Dana miliaran rupiah bakal digelontorkan Pemkab Pasuruan untuk kelanjutan pembangunan kawasan tempat pembuangan akhir (TPA) Wonokerto tahun ini. Anggaran jumbo itu disiapkan untuk melanjutkan pembangunan tahun 2019 yang belum rampung sepenuhnya.

Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Heru Ferianto menguraikan,

pembangunan infrastruktur TPA Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, sudah dilakukan pada 2019. Hanya saja, belum sepenuhnya pembangunan kawasan TPA setempat tuntas.

Beberapa infrastruktur yang dibangun 2019, masih membutuhkan tambahan. Seperti pembangunan jalan ataupun jembatan dan infrastruktur lainnya.

“Banyak infrastruktur penunjang yang masih perlu kami lanjutkan untuk mengoptimalkan keberadaan TPA Wonokerto,” kata Heru.

Hal inilah yang membuat Pemkab Pasuruan akhirnya mengalokasikan anggaran besar untuk TPA Wonokerto tersebut. Tak tanggung-tanggung, dana sebesar Rp 17 miliar dialokasikan. Dana itu difungsikan dalam melanjutkan sarana dan prasarana penunjang di TPA.

“Kami mendapat support anggaran Rp 17 miliar untuk melanjutkan beberapa infrastruktur yang perlu direalisasikan di TPA Wonokerto,” sambungnya.

Dana tersebut bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2020. Sebelumnya, Pemkab sudah mengalokasikan dana Rp 5 miliar pada 2019. Besaran anggaran itu digunakan untuk sejumlah sarana dan prasarana. Seperti jalan akses menuju lokasi, instalasi pengelolaan air limbah (IPAL), jembatan, dan beberapa sarana lainnya.

“Sebagian besar infrastruktur yang ada, masih butuh penyempurnaan. Seperti IPAL-nya. Kami akan lanjutkan tahun 2020. Selain melanjutkan proyek 2019, juga ada penambahan sarana penunjang lainnya, seperti pagar,” tambahnya.

Menurut Heru, Kelengkapan sarana di TPA Wonokerto memang perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar keberadaan TPA setempat bisa difungsikan dengan baik. (one/mie)