Tak Hanya Instansi, Warga di Kota Probolinggo Ikut Dukung Perangi Covid-19

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Dukungan terhadap pemerintah untuk memerangi Covid-19, mulai bermunculan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan, membuat tempat cuci tangan, hand sanitizer, sampai menanam empon-empon.

Seperti yang dilakukan warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Lurah Jati Endah mengatakan, ada 22 tempat cuci tangan yang disebar di RT 1 dan RT 2/RW 5. Tindakan ini dilakukan guna mendukung pemerintah dalam melawan Covid-19. “Tempat cuci tangan ini dibuat dari plastik bekas yang sudah dibersihkan. Termasuk hand sanitizer-nya mereka membuat sendiri,” ujarnya.

Ketua RW 5 Kelurahan Jati Misnandar Efendi menambahkan, hal yang sederhana ini paling tidak dapat dicontoh oleh kampung lain. Sehingga, keinginan pemerintah menciptakan daerah yang bersih dapat terwujud. “Untuk kami sendiri, nantinya bisa lebih dari 22 tempat cuci tangan,” ujarnya.

Dukungan juga datang dari warga RT 2/RW 13, Kelurahan/Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Namun, mereka memilih menanam empon-empon. Rempah-rempah itu ditanam di pot bekas. Di antaranya, ada jahe merah, kunyit, temulawak, kumis kucing, lidah buaya, serai, kunir, dan kencur.

“Sementara waktu manfaat dari toga (tanaman obat keluarga) itu belum bisa dimanfaatkan. Mengingat belum cukup umur untuk dimanfaatkan sebagai minuman kesehatan alias jamu,” ujar Ketua RT 02/RW 13, Bambang Prasetyo.

Namun, menurutnya, minimal warga sudah berbuat demi kesehatannya sendiri. Sehingga, tidak usah ngoyo-ngoyo membeli empon-empon di pasar. “Cukup memanfaatkan tanaman yang mereka tanam sendiri,” ujarnya.

Mengenai dana kegiatan, Bambang mengatakan, diperoleh dari hasil iuran warga dan sebagian kas RT. Selain itu, ada sumbangan dari sebuah perusahaan. Namun, ia enggan menyebutkan sumbangan yang diterima. (rpd/rud/fun)