Tak Ada Kebakaran, Damkar Jadi Pemusnah Sarang Tawon

KEDOPOK, Radar Bromo – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kota Probolinggo, kini tak hanya berjibaku dengan api. Namun, belakangan makin “laris” untuk memusnahkan sarang tawon.

Jumat (24/1) lalu, mereka turun ke Kelurahan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Mereka mendapatkan laporan warga adanya sarang tawon yang sudah makan korban. Sarang kawanan tawon itu dimusnahkan karena menyengat dan meresahkan warga.

Kabid Pelayanan Satpol PP Kota Probolinggo Abdullah, mengatakan mulanya sekitar pukul, 17.30 petugas mendapatkan laporan mengenai sarang tawon yang meresahkan. Bersama 8 petugas Damkar, pihaknya langsung meluncur ke lokasi.

“Kami mendapatkan laporan dari warga melalui 112 yang selanjutnya diteruskan ke Damkar. Kami  langsung masukan ke karung dan tidak membutuhkan waktu lama,” ujarnya.

Sebelumnya, Damkar Kota Probolinggo, juga memusnahkan sarang tawon di depan kantor KPP Pratama, Probolinggo. Sarang ini dibakar setelah ada tawon yang menyengat salah seorang wajib pajak.

Damkar Kabupaten Probolinggo, juga tidak kalah. Kemarin, mereka turun ke rumah Sukadi 43, warga Desa Gununggeni, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo. Bukan untuk memadamkan api, namun untuk mengevakuasi sarang tawon yang juga meresahkan warga.

Kepala Seksi Damkar Kabupaten Probolinggo Su’ud, mengaku mendapatkan laporan dan permohonan bantuan dari warga untuk mengevakuasi sarang tawon. Ternyata, sarang tawon itu berada di bawah genting dapur rumah Sukadi.

“Sarang berada pas di bawah gentin rumah. Kami evakuasi dengan membungkus sarang ke dalam karung berlapis dua. Setelah selesai kami langsung bawa ke Kantor Damkar Kabupaten Probolinggo, untuk dibakar,” ujarnya.

Adanya sarang tawon ini diketahui pemilik rumah saat sedang berjalan di lorong pinggir rumahnya. Meski kecil, lorong ini banyak dilintasi warga. Namun, setelah mengetahui ada sarang tawon, warga enggan melewati jalan ini. “Alasannya, warga takut diserang tawon,” ujarnya. (rpd/mg1/rud)