alexametrics
26C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Kena Tol Paspro, Delapan Makam di Banjarsawah Tegalsiwalan Dipindah

TEGALSIWALAN,Radar Bromo – Adanya delapan kuburan yang terdampak pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Desa Banjarsawah, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, akhirnya dipindah.

Senin (22/11) lalu, Rukun Kepaten Dusun Krajan, Desa Banjarsawah, memindahkan kuburan itu ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Krajan.

Kepala Desa Banjarsawah Muhammad Saleh mengatakan, dana pengganti pemindahan kuburan di lahan terdampak jalan tol sudah diserahkan. Bahkan, delapan kuburan itu sudah dipindah. “Proses pemindahan dilakukan sehari penuh hingga magrib, Senin kemarin,” ujarnya.

Ia menegaskan tidak ada penolakan dari siapapun saat proses pemindahan kuburan itu. Karena, kuburan kuno itu tidak ada yang tahu ahli siapa warisnya. Sedangkan, dana pemindahan kuburan diserahkan kepada pengurus Rukun Kepaten yang diminta mengurus pemindahannya.

Ada delapan kuburan yang harus dipindahkan. Semua sudah dipinahkan ke TPU Dusun Krajan. “Dipindahkan ke TPU. Jaraknya sekitar 400 meter dari lokasi. Delapan kuburan itu dipindahkan ke lokasi yang sama dan saling berdekatan. Karena tidak ada yang tahu kuburan siapa, jadi patokan barunya tidak ditulis nama,” jelasnya.

Diketahui, ada warga mengaku ahli waris almarhum dalam kuburan yang menolak dibongkar. Mereka memasang spanduk bertuliskan larangan kuburan itu dibongkar karena masih penggantinya belum dibayar.

Senin (16/11) lalu, pemerintah desa menyerahkan dana pengganti pemindahan kuburan itu kepada pengurus Rukun Kepaten Dusun Krajan. Besarnya sekitar Rp 24 juta. Ternyata, dalam proses pemindahan Senin (22/11) lalu, tidak ada ahli warisnya yang protes. (mas/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU