alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Usulkan DAK Rp 11 Miliar untuk Pengembangan Pusung Agung-Pantai Bahak

DRINGU,Radar Bromo – Sektor wisata di Kabupaten Probolinggo, secara bertahap terus dikembangkan. Pengembangan tidak hanya menggunakan APBD, tetapi juga menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian.

Karenanya, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, mengusulkan DAK Rp 11 miliar untuk pengembangan wisata tahun depan. Dana ini sedianya akan digunakan untuk mengembangkan wisata penunjang Bromo Tengger Semeru (BTS). Sebab, menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas untuk dikembangkan.

“Di Pusat ada wisata yang menjadi super prioritas untuk dikembangkan. Salah satunya BTS. Karena itu, kami usulkan Rp 11 miliar,” ujar Kabid Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Dian Cahyo Prabowo.

Usulan telah diajukan. Rencananya, secara bertahap akan digunakan untuk melengkapi sarana prasarana destinasi wisata Pusung Agung di Kecamatan Sukapura dan Pantai Bahak di Kecamatan Tongas. Sebab, dua destinasi wisata ini masih proses pembangunan tahap awal.

Dua wisata ini dipilih dengan pertimbangan, lokasinya tidak terlalu jauh dengan Gunung Bromo. Sehingga, tidak membutuhkan waktu lama jika wisatawan ingin mencari wisata alternatif setelah dari Gunung Bromo. “Tidak hanya itu, juga dekat dengan jalan utama,” katanya.

Menurut Dian, wisata ini juga dikembangkan karena dekat dengan pintu keluar Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo di Kecamatan Tongas. Wisatawan dari Gunung Bromo atau pengendara mobil yang kebetulan lewat, bisa mampir untuk beristirahat di Pantai Bahak.

“Jumlahnya memang besar, namun penggunaan anggaran akan dilakukan sesuai proyek yang dilakukan. Jika Kementerian menyetujui, maka proyek akan jalan dan harus sesuai aturan,” jelasnya. (ar/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU