alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

R-APBD 2021, Honor GTT-PTT Kota Probolinggo Masih Jauh di Bawah UMK

KANIGARAN, Radar Bromo Kesejahteraan guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) di Kota Probolinggo mendapat sorotan saat pembahasan R-APBD 2021. Pasalnya, sampai saat ini gaji GTT dan PTT Kota Probolinggo masih di bawah UMK.

“Kesejahteraan GTT dan PTT di Kota Probolinggo ini belum sesuai dengan standar Hidup layak Kota Probolinggo. Acuannya masih di bawah UMK Kota Probolinggo,” ujar Moch Jalal, anggota DPRD dari Fraksi PKB.

Diakui Jalal, sebenarnya gaji GTT/PTT sudah mengalami kenaikan. Namun, besarnya belum sesuai dengan UMK Kota Probolinggo yang saat ini berada di kisaran Rp 2,3 Juta.

“Padahal tugas-tugas mereka juga sama dengan guru ASN. Namun, kesejahteraan mereka masih minim. Ini yang perlu mendapat perhatian serius pemerintah,” terangnya.

Fraksi PKB sendiri mempertanyakan kondisi itu dalam Pandangan Umum (PU) Fraksi saat pembahasan R-APBD 2021 Kota Probolinggo, Sabtu (21/11). ”Ini menjadi salah satu pertanyaan yang kami sampaikan dalam PU Fraksi. Untuk kesejahteraan GTT dan PTT ini, apakah ada rencana menaikkan gaji mereka yang masih di bawah UMK,” tambahnya.

Di sisi lain, gaji PTT/GTT dipastikan tidak akan naik tahun depan. Sebab dalam pembahasan R-APBD 2021, tidak ada anggaran kenaikan gaji untuk GTT dan PTT.

Hal ini juga ditegaskan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Probolinggo Budiono Wirawan. Menurutnya, gaji GTT/PTT belum naik tahun depan.

“Berdasarkan kemampuan keuangan APBD 2021, untuk jasa tenaga pendidik GTT dan PTT pada satuan pendidikan SD dan SMP belum mengalami kenaikan,” ujarnya.

Menurutnya, jasa GTT dan PTT (gaji) diakomodir dalam BOSDA pada masing-masing satuan pendidikan. Rinciannya, gaji GTT dan PTT eks K2 sebesar Rp 1,2 Juta per bulan, gaji GTT non K2 sebesar Rp 1 Juta per bulan. Sedangkan gaji PTT non eks K2 sebesar Rp 800 ribu.

Sebagai perbandingan, UMK Kota Probolinggo tahun 2020 sebesar Rp 2,319 juta. Dan pada tahun 2021, UMK Kota Probolinggo naik tipis menjadi Rp 2,5 Juta. (put/hn)

MOST READ

BERITA TERBARU