Hari Pertama Visitasi, Juri MBS SD Kunjungi 4 Sekolah

TIM juri Penganugerahan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk jenjang sekolah dasar (SD) di Kota Probolinggo, telah melakukan visitasi. Selasa (22/9), ada dua tim yang turun mengunjungi empat sekolah.

Yakni, SDN Sukabumi 1; SDN Sukabumi 2; SDN Sukabumi 4; dan SDN Sukabumi 10. Salah seorang juri, Wiwik Agustin mengatakan, adanya visitasi ini bertujuan mencocokan data yang di-upload dan diserahkan peserta dalam tahap pertama dengan fakta yang di sekolah.

“Dalam visitasi ini yang jelas kami harus jeli dan teliti karena sekolah yang kami datangi ini dokumennya telah lengkap dan bagus. Kami akan mencocokkan apakah data yang dikumpulkan ini sudah sesuai fakta di lapangan,” ujar pengawas SMP tersebut.

Dalam kegiatan ini, Wiwik masuk dalam tim juri 1 yang melakukan visitasi ke SDN Sukabumi 1 dan SDN Sukabumi 2. Dalam kunjungannya, mereka memastikan dokumen yang dilaporkan sekolah. “Seperti Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) serta bukti di sekolah seperti apa. Begitu juga dengan KTSP, silabus, RPP, serta kegiatan pembelajaran,” jelasnya.

Dalam visitasi, tim juga melihat pembelajaran daring (dalam jaringan) yang sedang berlangsung. “Melihat aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Serta, proses asesmen saat kunjungan lapangan,” jelasnya. (put/adv)