alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Dispenduk Capil Kota Probolinggo Bantah Ada Calo di MPP

MAYANGAN, Radar Bromo – Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Probolinggo di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Probolinggo dilanda isu tak sedap. Pelayanan administrasi kependudukan ini dikabarkan banyak permainan calo.

Adanya kabar ini menyebar di media sosial. Namun, kabar ini dibantah oleh Sekertaris Dispenduk Capil Kota Probolinggo Setiorini Sayekti. Ia menegaskan, semua pelayanannya gratis alias tidak dipungut biaya. Hal ini sudah disosialisasikan, baik melalui media, website, baliho, termasuk sosialisasi ke kecamatan dan kelurahan.

“Selain itu, juga diimbau agar masyarakat mengurus dokumennya sendiri. Jika memang tidak bisa, bisa diwakilkan kepada keluarga yang masik satu KK (kepala keluarga). Atau, bisa diwakilkan kepada orang lain dengan catatan ada surat kuasa,” ujarnya, kemarin.

Jika berkasnya dinyatakan lengkap, maka prosesnya paling lama 1 x 24 jam sudah selesai. “Apalagi saat ini memakai tanda tangan elektronik,” ujar Rini.

Ia mengaku, sudah melaporkan adanya posting-an di media sosial soal dinasnya ke Dinas Kominfo Kota Probolinggo. Kemudian, menjadi wewenang Dinas Kominfo untuk menindaklanjuti. Katanya, gambar dalam posting-an itu merupakan gambar di Jakarta Timur.

“Ini (Yosi Ana) akun yang melapor, tanpa identitas sama sekali. Tanpa teman di FB. Gambar tersebut e-KTP Provinsi DKI Jakarta, tepatnya Jakarta Timur,” jelasnya.

Dalam posting-annya, Yosi Ana meminta Wali Kota Probolinggo mengimbau masyarakat agar tidak mengurus KTP melalui calo. Serta, bisa diperbaiki pelayanannya karena alasan kalau membuat sendiri lama. Serta, menyanksi tegas ASN yang menerima suap dari calo. (rpd/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.