alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Harga Tomat Susul Cabai Rawit Terus Meroket

DRINGU,Radar Bromo – Naiknya harga sejumlah komoditas pertanian di pasaran ditengarai karena stok berkurang akibat musim hujan. Selain cabai rawit yang harganya terus naik, harga tomat juga kian meroket.

Salah satu pedagang sayur di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Syarifudin, 45, mengatakan harga cabai rawit di pasaran menembus angka Rp 65 ribu per kilogram. Sementara, di tingkat petani antara Rp 50 ribu sampai Rp 59 ribu per kilogram, tergantung kualitasnya. Selain itu, stoknya juga tidak terlalu banyak.

Sejak beberapa pekan terakhir, harga tomat juga mulai terangkat. Menurut Syarifudin, naiknya harga tomat juga berangsur-angsur. Beberapa pekan lalu hanya Rp 5.000 per kilogram, kemudian naik menjadi Rp 7.000 per kilogram, dan Selasa (21/1) lalu, menjadi Rp 12.000 per kilogram. “Kenaikan ini disebabkan stok yang berkurang dari petani. Namun, yang terasa kenaikannya cabai rawit, kalau tomat tidak langsung tinggi, jadi berangsur,” ujarnya.

Salah satu petani cabai asal Desa Kertosono, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Selamet mengatakan, saat ini banyak petani yang tergiur menanam cabai karena harganya mahal. Namun, faktor musim yang kurang bersahabat meneyebabkan kualitas tanaman tidak maksimal. Sehingga, banyak cabai yang tidak masuk pasaran.

“Ada juga petani yang enggan memasukan hasil taninya ke pasaran. Sebab, kualitasnya tidak di atas standar. Bisa juga barangnya cepat busuk, itu disebabkan faktor cuaca,” ujarnya.

Di sisi lain, salah satu pembeli di Pasar Semampir, Nurul Fadilah, 38, mengaku kaget dengan naiknya cabai dan tomat. Ia yang hendak memasak untuk kebutuhan warungnya terpaksa mengurangi takarannya. Jika biasanya membeli cabai atau tomat 1 kilogram, dikurangi menjadi setengah kilogram.

“Dengan adanya kenaikan cabai dan tomat ini, saya tidak membeli kebutuhan seperti biasa. Tapi, mau bagaimana lagi, namanya kebutuhan. Ini untuk warung nasi saya,” ujarnya. (mg1/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU