alexametrics
32.5 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Komplikasi, Rais Syuriah PCNU Probolinggo KH Abdul Aziz Fadhal Wafat

KADEMANGAN, Radar Bromo–Kota Probolinggo kehilangan salah satu tokoh panutan umat. Rais Syuriah PCNU Kota Probolinggo KH Abdul Aziz Fadhal, 67, wafat pada Minggu (22/11) dinihari.

Almarhum sempat menjalani perawatan di RS Dharma Husada sejak sepekan lalu, karena sakit komplikasi yang dideritanya. Lalu Minggu (22/11), pukul 01.30, pengasuh Ponpes Nurul Hidayah, Kecamatan Kademangan itu mengembuskan napas terakhirnya. Jenasahnya dimakamkan Minggu (22/1), pukul 09.00 di area Ponpes Nurul Hidayah.

Meninggalnya kiai kharismatik itu membawa duka mendalam. Khususnya bagi keluarga, kerabat dan santrinya. Ratusan kerabat, santri, dan warga pun datang mengantarkan almarhum ke peristirahatan terakhirnya.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang juga pengasuh Ponpes Riyadlus Sholihin turut hadir ke rumah duka yang berada di Jl Kiai Fadhol, Kelurahan/ Kecamatan Kademangan.

Atas nama keluarga, Abdullah Zabut yang merupakan keponakan almarhum memohon maaf kepada masyarakat bila almarhum memilih salah atau khilaf. “Mohon doa semoga husnul khatimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” kata pria yang juga pengasuh Ponpes Roudlotut Tholibin, Kademangan itu.

Menurut Zabut, almarhum sempat menjalani perawatan di RS Dharma Husada, karena sakit komplikasi yang dideritanya. “Perawatan dilakukan hampir sepekan sebelum almarhum meninggal,” tambahnya.

Sosok KH Abdul Aziz Fadhal sendiri memberikan kesan khusus bagi sejumlah tokoh di Kota Probolinggo. Wali Kota Habib hadi menyatakan, KH Aziz Fadhal merupakan sosok yang menyejukkan. Saat memberi pencerahan juga cukup lembut. “Orangnya masyaaallah istiqomah. Patut jadi panutan,” katanya

Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri menyebut, almarhum sosok kiai yang alim dan kharismatik. Tutur katanya lembut, santun dan sejuk. Selain itu, pembawaannya tenang dan ramah.

“Saya pernah menjadi khaddam beliau dalam dua kepengurusan. Saya sebagai sekretaris periode 2007-2012 dan wakil ketua 2012-2017. Beliau adalah guru, pimpinan dan panutan. Tutur katanya lembut penuh hikmah, bersahaja dan ramah. Pribadi yang sejuk dan santun, mandiri dan kharismatik. Selamat jalan guru,” ungkap Hudri.

Ketua DPC Partai Nasdem Kota Probolinggo Zulfikar Imawan menyatakan hal serupa. Menurutnya, almarhum adalah sosok yang sangat bersahaja. Ketokohan tak membuatnya memandang sebelah mata pada siapapun. “Semua yang kenal Kiai Fadhal pasti merasakan seperti ini,” katanya.

Menurutnya, Kiai Fadhal dan istrinya selalu menerima siapapun yang datang dengan ramah. “Saya merasakan betul humble-nya beliau berdua. Saya terkesan dengan keramahan beliau berdua dalam menerima tamu, siapapun,” tambah Iwan, sapaannya.

Almarhum menurut Iwan juga sangat senang berbagi wawasan. “Beliau itu wawasannya luas. Meskipun tokoh besar, kiai kharismatik, tapi beliau senang berdiskusi dengan siapapun. Tidak pilih-pilih. Wawasannya soal kebangsaan sangat luar biasa,” jelasnya. (rpd/hn)

 

 

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Rencana Penutupan Pasar Tugu, Satpol PP Siapkan Sosialisasi  

Satpol PP mengusulkan dilakukan sosialisasi, pada Minggu (29/11). Selanjutnya, Minggu (6/12), mulai ditutup.

Disuplai Bibit Kedelai 11 Ton dari Pusat

Kebijakan penetapan target bahan pangan sepenuhnya ditentukan oleh Provinsi Jawa Timur.

Tandon Cuci Tangan di Kota Probolinggo Banyak yang Kosong

Upaya Pemkot Probolinggo mencegah penyebaran Covod-19, perlu mendapat perhatian.

Target Lahan Tanam Padi Digenjot Mumpung Musim Hujan

Sebanyak 10.000 hektare lahan pertanian milik petani dibantu bibit padi.

Jumlah Guru di Kab Pasuruan Bertambah, Anggaran Membengkak

Dalam rapat sebelum pengesahan APBD 2020 Kabupaten Pasururan, ada 3.504 guru honorer yang mendapat insentif sebesar Rp 400 ribu dari Pemkab Pasuruan.