alexametrics
27.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Seksi IV Tol Paspro Bakal Dibangun Akhir Oktober

LECES, Radar Bromo – Proses pembebasan lahan jalan tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) seksi IV tuntas dilakukan di enam desa. Kegiatan konstruksi pun akan dimulai akhir bulan ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan tol Paspro, Priyadi memastikan, proyek pembangunan jalan tol Paspro akan dilanjutkan di seksi IV. Saat ini, pelaksana sudah membangun akses jalan untuk kendaraan berat.

Namun, pengerjaan konstruksi fisik jalan tolnya belum dilakukan. Direncanakan, akhir bulan ini pengerjaan konstruksi fisik mulai dilakukan.

”Untuk pengerjaan konstruksi fisik jalan tol Paspro seksi IV diperkirakan akhir bulan ini. Sekarang masih persiapan,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin (21/10).

Di samping menyiapkan pengerjaan konstruksi fisik tol Paspro seksi IV, pihaknya menurut Priyadi terus memproses pembebasan lahan yang terdampak pembangunan jalan tol Paspro seksi IV. Total ada 21 desa yang terdampak dan baru enam desa yang telah tuntas prosesnya.

“Di enam desa ini, ganti rugi sudah diberikan pada ahli waris atau pemilik tanah,” tuturnya.

Enam desa yang dimaksud yaitu, Desa Clarak di Kecamatan Leces. Lalu, Desa Banjarsawah, Tegalsiwalan dan Sumberbulu di Kecamatan Tegalsiwalan. Desa Banyuanyar Tengah dan Liprak Wetan di Banyuanyar.

Selain enam desa yang sudah tuntas proses pembebasan lahannya, ada enam desa lain yang tinggal proses pembayaran ganti rugi. Pihaknya pun sudah melakukan musyawarah dan telah menyetujui nilai ganti ruginya. Sehingga, tinggal proses pengajuan pembayarannya.

”Lalu ada enam desa yang tinggal proses pengajuan pembayaran ganti ruginya,” tambahnya.

Antara lain, Desa Suko di Kecamatan Maron; Desa Liprak Kulon di Kecamatan Banyuanyar; Desa Sumbersuko dan Watuwungkuk di Kecamatan Dringu. Lalu, Desa Banyuanyar Lor di Kecamatan Gending dan Desa Tegalmojo di Kecamatan Tegalsiwalan.

Sedangkan desa-desa lain yang belum dibebaskan dikatakan Priyadi, masih proses pembebasan. Ada yang sampai pada tahap pengumuman dan akan dilanjutkan dengan musyawarah. Ada juga lahan yang masih proses verifikasi dokumen.

”Lahan di enam desa yang sudah dibebaskan, sudah bisa dikerjakan konstruksinya. Hanya saja, pengerjaan konstruksi masih menunggu pelaksananya dan akan dimulai akhir bulan ini,” ungkapnya. (mas/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kuota Pupuk Subsidi Kab Probolinggo Tahun Depan Berkurang

Di Kabupaten Probolinggo tercatat ada 133.817 petani yang masuk dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Bantuan Sapi dari Kementan Baru Didroping 72 Ekor, Totalnya 1.000

Program 1000 Desa sapi dari Kementerian Pertanian RI mulai didroping di kandang sapi di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

Kembali Kerek PAD Wisata Kab Pasuruan Tahun Depan

Target Pemkab Pasuruan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata tahun ini, cukup seret.

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.