Tender Selesai, Tiga Jalan Segera Diperbaiki

BERBAHAYA: Sejumlah pengendara melintas di Jalan Ahmad Yani, Kota Probolinggo, yang terlihat rusak. Jalan ini akan segera diperbaiki dan sudah ada pemenang tendernya. (Foto: Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN, Radar Bromo – Lelang sejumlah pekerjaan perbaikan jalan yang bersumber dari Cadangan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik 2020 di Kota Probolinggo, sudah rampung. Namun, sampai kemarin (21/9) belum dilakukan penandatanganan kontrak kepada pemenang tender. Karenanya, perbaikannya belum bisa digarap.

“Proyek fisik tiga jalan, Jalan Basuki Rahmad, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Serma Abdurahman, tendernya sudah selesai. Tetapi, saat ini masih proses pelimpahan ke Dinas PUPR-Perkim, belum berkontrak,” ujar Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Probolinggo Gofur Efendy, kemarin.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Bina Marga PUPR-Perkim Kota Probolinggo Andung Tjahyono. Menurutnya, sejauh ini belum berkontrak, tetapi sudah terbit Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ). “Perkiraan tanda tangan kontrak pada Rabu, 23 September 2020, setelah penyedia menyerahkan jaminan pelaksanaan,” ujarnya.

Andung menjelaskan, untuk pekerjaan tiga jalan itu memiliki waktu pekerjaan selama 70 hari. Waktu 70 hari ini terhitung sejak turunnya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Selama ini, kerusakan jalan di Jalan Ahmad Yani, Jalan Basuki Rahmad, serta di Jalan Serma Abdurahman, sering mendapatkan protes dari warga. Apalagi, ruas jalan itu sempat menjadi jalan alternatif bagi kendaraan berat serta menimbulkan korban kecelakaan lalu lintas.

Kini, tiga jalan itu akan diperbaiki dengan anggaran total sekitar Rp 5,45 miliar dari Cadangan DAK Fisik 2020. Dari tiga jalan itu, Jalan Ahmad Yani dianggarkan Rp 2 miliar. Proyek ini dimenangkan oleh CV Dharma Bakti Jaya dengan penawaran Rp 1.298.587.047,34.

Untuk ruas Jalan Basuki Rahmad dianggarkan Rp 2,3 miliar. Proyek ini juga akan digarap oleh CV Dharma Bakti Jaya dengan penawaran Rp 1.441.003.688,74. Sedangkan, Jalan Serma Abdurahman dianggarkan Rp 1,15 miliar. Pemenangnya adalah CV Farda Inti Jaya dengan penawaran Rp 786.810.452,02. (put/rud/fun)