alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Saturday, 28 November 2020

Kedisiplinan Pasar Meningkat Tapi Pengawasan Masih Diperketat

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Dua pekan pasca operasi penerapan protokol kesehatan di pasar, Satgas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo melihat, kedisiplinan pengunjung dan pedagang pasar terus mengalami peningkatan. Namun demikian pengawasan ketat tetap dilakukan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami, mengatakan bahwa tingkat kedisiplinan sudah cukup tinggi. Pengunjung pasar dan pedagang pasar yang sebelumnya hanya menggunakan masker ketika ada petugas. Saat ini begitu disiplin menggunakan masker ketika masuk kawasan pasar.

“Tingkat kedisiplinan sudah mencapai 85 persen, ini sudah baik. Namun demikian pengawasan tetap kami perketat,” tandasnya.

Menurutnya, upaya ini tetap konsisten dilakukan. Sebab pasar merupakan salah satu tempat yang berisiko cukup tinggi dalam penyebaran virus korona. Sehingga sikap waspada harus tetap diterapkan walaupun kedisiplinan pengunjung dan pedagang pasar sudah meningkat.

“Pengelola pasar tetap melakukan pengawasan pada pasar, diterapkannya sanksi denda kepada warga yang tidak menggunakan masker turut andil dalam peningkatan kedisiplinan ini,” katanya.

Taufik menambahkan, pengenaan sanksi denda kepada pedagang juga dapat dilakukan oleh satgas kecamatan berkoordininasi satgas kabupaten. Namun demikian pemberikan sanksi tersebut merupakan langkah terakhir yang dilakukan apabila pedagang sudah tidak dapat dingatkan lagi.

“Pengenaan denda terhadap bedak tetap akan dilakukan pada pedagang yang bandel, tetapi pengenaan sanksi ada tahapannya,” tuturnya.

Tahapan yang dilakukan diantarnya adalah, akan dilakukan teguran secara lisan. Kemudian jika tidak diindahkan, akan dinaikkan menjadi teguran tertulis. Jika masih belum direspon, kemudian akan dilakukan penutupan sementara kios. Setelah dilakukan penutupan dan saat dibuka kembali masih tetap melanggar, langkah terakhir yang akan dilakukan adalah mencabut izin dan memberi denda kepada pedagang.

“Kami harap pengunjung dan pedagang sama-sama sadar, wong aturan yang dibuat untuk kepentingan bersama. Ekonomi jalan tapi kesehatan tidak boleh dikesampingkan,” ujar Mantan Camat Gading ini. (ar/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Lanjutan Proyek PLUT-KUMKM Kembali Diusulkan Tahun Depan

Pemkot Pasuruan sejatinya sudah berencana melanjutkan proyek itu menggunakan APBD tahun ini. Namun, batal karena realokasi anggaran untuk Covid-19.

Kurang Sebulan, Proyek Pasar Gondangwetan Baru 45 Persen

Masuk akhir November ini, pengerjaan revitalisasi Pasar Gondangwetan saat ini masih 45 persen.

Dana Banpol di Kab Probolinggo Tahun 2021 Tak Naik

Pemkab Probolinggo memastikan rencana hibah dana bantuan politik (banpol) tahun depan sama dengan tahun ini.

Temukan Engsel saat Ekskavasi, Ini Analisis Kondisi Goa Jepang Dulu

Dengan ditemukannya engsel yang terbuat dari besi pada dinding mulut goa, ada analisis baru tentang Goa Jepang.

Perbaikan Rumah Rusak Akibat Puting Beliung Diusulkan Melalui Ini

Sehari usai bencana, BPBD langsung turun ke lapangan untuk membagikan bantuan terpal.