Sengat Wajib Pajak, Sarang Tawon di KPP Pratama Probolinggo Dibakar

KANIGARAN, Radar Bromo – Keberadaan tawon yang bersarang di salah satu pohon mangga di halaman Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Probolinggo, makan korban. Karenanya, Senin (21/1) sarang tawon itu dimusnahkan.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kota Probolinggo turun tangan untuk memusnahkan sarang tawon. Kabid Pelayanan Satpol PP Kota Probolinggo Abdullah mengatakan, sekitar pukul 07.00, petugas KPP Pratama Probolinggo menghubungi 112. Ia mengatakan di halaman kantornya terdapat sarang tawon ndas. “Kami langsung meluncur ke lokasi,” ujarnya.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk memusnahkan sarang tawon ini. Semula, petugas berusaha memasukkannya ke karung. Namun, saat memotong ranting pohon, sejumlah tawon keluar dari sarangnya. “Khawatir menyerang petugas, petugas turun dulu,” ujarnya.

Rencana pertama diurungkan. Petugas pun memilih langsung membakar sarang yang bergelantung di ranting pohon itu. “Saat petugas memotong ranting untuk memudahkan memasukkan dalam karung, suara pemotongan membuat tawon keluar. Sehingga, kami langsung memakai cara membakarnya,” ujar Abdullah.

Adanya tawon ini membuat resah sejumlah pegawai KPP Pratama Probolinggo. Bahkan, telah menyengat salah satu wajib pajak. Sutrisno, security KPP Pratama, mengaku baru mengetahui ada sarang tawon Senin (20/1). Saat itu ada salah seorang wajib pajak yang tersengat.

“Waktu itu saya di pos. Ada pemohon yang berjalan masuk usai fotokopi. Tiba-tiba pemohon pria itu berteriak kencang dan memegang pipi bagian kirinya. Setelah saya tanya kenapa, katanya tersengat tawon,” ujarnya.

Menurutnya, petugas kebersihan bagian pemotong rumput juga kewalahan saat bertugas. Sebab, kawanan tawon itu keluar dari sarangnya ketika mendengar mesin pemotong rumput. “Jadi, rumputnya hanya dipotong separo. Yang dekat dengan pohon (tempat bersarangnya tawon) belum dipotong,” ujarnya. (rpd/rud)