alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Wednesday, 25 November 2020

Klaim Kapal Cantrang yang Aktif di Kota Probolinggo Hanya 60

KANIGARAN, Radar Bromo – Proses legalisasi alat tangkap cantrang tinggal menunggu waktu. Keputusan menteri perikanan dan kelautan yang baru di mana telah mengakomodir cantrang sebagai alat tangkap yang diizinkan tinggal menunggu register Kementerian Hukum dan HAM.

“Alat tangkap cantrang ini sudah masuk dalam Peraturan Menteri Perikanan dan Kelautan yang baru. Namun memang masih belum diundangkan karena masih proses register di Menkumham,” ujar Zainul Fatoni, Plt ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Probolinggo Jumat (20/11).

Menurut Zainul, selain cantrang ada 7 alat tangkap lain yang bakal diizinkan di Peraturan Menteri yang baru ini. Seperti pukat cincin pelagit kecil dengan dua kapal, pukat cincin pelagit besar dengan 2 kapal, paying, pukat hela dasar udang, pancing berjoran, pancing cumi mekanis dan huhate mekanis.

“Jika peraturan yang baru ini diundangkan, otomatis peraturan yang lama akan dicabut,” terangnya.

Anggota DPRD Kota Probolinggo ini menjelaskan bahwa saat ini nelayan cantrang di Kota Probolinggo beraktivitas seperti biasa. Hal ini karena sudah ada kepastian tidak dilakukan penangkapan kepada nelayan cantrang terkait surat izin berlayar.

“Terkait masalah surat izin berlayar, sudah ada kesepakatan dengan pihak kepolisian yang disampaikan Pak Tito saat menjadi Kapolri. Tidak ada penangkapan nelayan. Kecuali jika nelayan itu melakukan pelanggaran jalur penangkapan, sementara kalau surat izin tidak,” terangnya.

Meskipun sudah ada lampu hijau cantrang bisa digunakan kembali, namun kapal cantrang di Kota Probolinggo jumlahnya semakin menyusut. Saat ini jumlahnya di bawah 100 kapal. “Total kapal cantrang yang ada di Kota Probolinggo saat ini 90 kapal, yang aktif ada 60 kapal,” terangnya. (put/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Mastrip  

Pohon tumbang inipun cepat dievakuasi, karena berada tak jauh dari kantor Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo.

Sopir Ngantuk, Dua Dump Truk Adu Moncong di Purwosari  

Truk yang disopiri Komarudin tiba-tiba melaju ke jalur berlawanan hingga tertabrak truk lain.

Truk Terguling di Cangkringmalang Beji, Muatan Pupuk Tercecer

Kecelakaan itu memicu kemacetan di jalur pantura.

Para Ahli Pastikan Vaksin yang Digunakan Aman dan Efektif

Keberadaan vaksin yang aman dan efektif sangat penting

Lantik Pengurus Pusat JMSI, Ini Pesan Bamsoet

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan besar kehadiran JMSI akan semakin melengkapi berbagai entitas kelembagaan pers yang telah lahir sebelumnya.