alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Target Kunjungan Wisatawan Turun Drastis, Hingga 70 Persen Lho

DRINGU,Radar Bromo – Pandemi Covid-19 benar-benar berdampak pada semua sektor. Tak terkecuali sektor pariwisata. Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo menurunkan target kunjungan wisata hingga 70 persen.

Kepala Dispora Parbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan kapan destinasi wisata akan kembali dibuka. Sebab, dari hasil monitoring dan evaluasi di empat destinasi wisata telah diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. “Sudah kami serahkan. Semuanya sudah siap dibuka. Saat ini masih menunggu persetujuan dari Gugus Tugas,” ujarnya.

Penutupan destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo sudah berlangsung hampir empat bulan. Penutupan dilakukan mulai Maret. Karenanya, tidak ada wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata karena tutup. Hal ini berdampak kepada target kunjungan wisata. “Sangat berdampak sekali. Karena wisata lumpuh total. Ini demi kebaikan bersama,” jelasnya.

Sebelumnya, Dispora Parbud menarget tahun ini ada kunjungan lebih dari 200 ribu wisatawan. Meski destinasi wisata kembali dibuka untuk umum, Dispora Parbud pesimistis target ini bisa terpenuhi. Sebab, masih ada pembatasan kunjungan selama pandemi Covid-19. “Yang pasti tidak akan terpenuhi. Meski dibuka, ada pembatasan. Tidak akan seratus persen,” ungkapnya.

Karenanya, Sugeng mengaku hanya menargetkan sekitar 30 persen dari target semula. Itu pun jika destinasi wisata dibuka kembali dalam waktu dekat. “Semoga saja segera dibuka dan wisatawan banyak yang berkunjung,” harapnya. (sid/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU