SMKN 3 Probolinggo Tampilkan Bakat Siswa Inklusif saat Pentas Seni

KEDOPOK, Radar Bromo – SMKN 3 Kota Probolinggo menggelar Pentas Seni dengan menampilkan berbagai bakat siswanya. Termasuk, melibatkan para pelajar inklusif yang menyajikan penampilan apik dan unik.

Seni (20/1), kegiatan ini digelar di GOR Mastrip, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo. Ratusan pelajar dari SMKN 3, terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Pembina OSIS SMKN 3 Kota Probolinggo Pradana Lukman Arief, mengatakan Pentas Seni ini menampilkan potensi-potensi siswa dalam hal kesenian. Termasuk dari siswa inklusif. “Siswa inklusif juga ikut terlibat dalam pensi ini,” ujarnya.

Kepala SMKN 3 Kota Probolinggo Siti Rohmah, mengatakan sekolahnya telah memiliki surat keputusan (SK) sebagai sekolah inklusif. Sehingga, bisa menerima siswa-siswa berkebutuhan khusus untuk belajar di SMKN 3. “Mereka juga ikut dalam kegiatan pensi ini untuk menampilkan bakat seninya. Ada tadi yang tampil anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan tuna rungu tampil menari,” ujarnya.

Siti melihat ada tantangan tersendiri bagi siswa tuna rungu. Namun, hal ini bisa diatasi melalui latihan rutin. “Jadi ketika menari, mereka ini mendapatkan isyarat dari guru. Ketika tidak ada perubahan dalam gerakan isyarat, maka gerakannya sama seperti sebelumnya. Mereka tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler,” ujarnya.

Sebagai sekolah inklusif, Siti mengungkapkan, SMKN 3 mendukung siswa-siswa ABK untuk mengembangkan bakat dan membangun kepercayaan diri mereka. Termasuk ikut tampil dalam Pentas Seni. (put/rud/fun)