Hati-hati, Ada Lubang Besar di Perbatasan Dringu-Probolinggo yang Bahayakan Pengendara

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Pengguna jalan yang kerap melintas di Jalan Panglima Sudirman perbatasan Kota Probolinggo-Dringu, patut berhati-hati. Di jalan ini tepatnya di jalur sisi utara atau arah dari barat ke timur, ada jalan berlubang dengan ukuran cukup besar. Kondisi itu, rawan kecelakaan, khususnya pengendara motor roda dua dan akibatkan terjatuh.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, ada beberapa titik kerusakan pada jalan raya pantura sisi barat batas kota itu. Namun, kondisi paling parah tepat berada di depan kantor Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo. Di situ, ada lubang dengan ukuran diameter berkisar 1 meter.

Hampir semua pengguna jalan yang melintas dan melihat ada lubang, langsung menghindar dengan ambil jalur agak ke selatan (tengah). Apalagi pengendara sepeda motor, memilih menghindar dari pada terpental dan bsia terjatuh. Karena kondisi lubang cukup besar.

”Makin parah kerusakan jalan sini. Kalau tidak menghindar, bisa terperosok kena lubang. Motor langsung goyang-goyang. Kalau tidak kuat pegang setir motor mas, bisa jatuh,” kata Nur Lely, 17, pelajar asal Desa Pabean, Dringu yang tiap hari melintasi jalan berlubang tersebut.

Rudi Napitupulu, selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) jalan nasional wilayah Gempol Pasuruan Probolinggo saat dikonfirmasi, akan meminta petugas untuk mengecek ke lokasi untuk disurvei. ”Jika memang mendesak harus diperbaiki, semoga saja dalam pekan ini sudah bisa diperbaiki, meski tambal sulam untuk pemeliharaan,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo kemarin. (mas/fun)